Boneka Menong di Pameran PPUN Expo Jogja 2019 di Yogyakarta

PAMERAN Produk Unggulan Nusantara (PPUN) yang dilangsungkan di Jogja City Mall (JCM) Jogjakarta mulai hari Kamis (10/10/2019) hingga hari Minggu (13/10/2019), di ikuti para pelaku usaha dari berbagai provinsi di pulau Jawa dibawah binaan Dinas Koperasi, UKM, Perdangan dan Perindustrian.

Kabupaten Purwakarta juga ikut serta pada kegiatan tersebut dengan melibatkan sejumlah pengusaha UKM di Kabupaten Purwakarta. Para pengusaha UKM ini menampilkan selain panganan ringan khas Purwakarta seperti kue Simping dan produk kesehatan alami bikinan asli warga Purwakarta juga ikut serta tampil boneka Menong yang merupakan icon Purwakarta.

Boneka Menong biasanya terbuat dari olahan tanah liat. Boneka ini sering dijadikan cindera mata bagi para pejabat tinggi yang berkunjung ke Purwakarta. Bahkan ketika Wapres Yusuf Kalla berkunjung ke Jatiluhur pada kegiatan Jambore Nasional Pramuka beberapa waktu lalu, pulangnya juga dibekali boneka Menong.

ukm
Seorang perajin Boneka Menong, asal Purwakarta, Bambang (pakai baju batik) seorang pelaku UKM sedang menjelaskan boneka hasil kreasinya kepada pengunjung PPUN Expo 2019, di Jogjakarta

Tapi boneka Menong yang ditampilkan di ajang pameran PPUN Jogja Expo 2019 ini bukan boneka Menong terbuat dari keramik melainkan terbuat dari bahan kain layaknya boneka anak-anak.

Tujuan penyelenggaraan Jogja PPUN expo 2019 diharapkan dapat lebih memberdayakan produk dalam negeri atau produk-produk unggulan daerah agar dicintai di negeri sendiri.

Kepala Bidang (Kabid) Usaha Kecil Menengah (UKM) Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perinduatrian (KUPP), Ahmad Nizar, M.Si kepada dialogpublik.com dikantornya, Selasa (15/10/2019) menjelaskan, keikutsertaan UKM Purwakarta menampilkan dan mempromosikan kerajinan, panganan ringan hasil kreasi pelaku usaha UKM dibawah binaan DKUPP di PPUN Expo Jogja 2019 diharapkan produk yang dihasilkan oleh pelaku usaha UKM bisa diketahui oleh masyakarat di luar wilayah Purwakarta.

“Yang kita perkenalkan berbagai hasil kerajinan usaha pelaku bisnis UKM binaan DKUPP agar hasil produk pelaku usaha UKM lebih dikenal masyarakat di luar Purwakarta,”ungkap Kabid UKM, Nizar memulai perbincangan, diruang kerjanya

Yang menarik dari pameran pada stand PPUN Expo 2019 di Jogjakarta menampilkan seorang pengusaha boneka, Bambang dari Desa Cikopo, Kecamatan Bungursari. Dia membawa dan ikut meramaikan stand UKM Purwakarta dengan Boneka Menong hasil kreasinya.

“Buat kami (DKUPP-red) Khususnya bidang UKM merasa terbantu mempromosikan boneka yang menjadi icon Purwakarta yakni boneka Menong walaupun boneka yang di pamerkan terbuat dari bahan kain,”kata Ahmad Nizar merasa gembira terbantu boneka Menong dipromosikan oleh masyarakat.

“Nanti kalo ada pameran diluar kota anda (dialogpublik.com-red) saya undang untuk menyaksikan,” janji Kabid UKM DKUPP Purwakarta, Ahmad Nizar. (jainul abidin)

Categories: Ekonomi,Ragam

Tags: ,

dialogpublik.com