Pemkot Bandung Bagikan 250 Sertifikat Halal

DINAS Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung sertifikat halal kepada 250 pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kota Bandung di Ballrom Ibis Hotel, Kota Bandung, Kamis (7/11/2019). Hal ini sebagai upaya Pemkot Bandung dalam memberikan hak dan pelayanan kepada para pelaku IKM binaan Disdagin.

Kepala Disdagin Kota Bandung Elly Wasliah mengatakan, sebanyak 250 IKM diberikan sertifikat secara gratis oleh Pemerintah Kota Bandung (Pemkot).

“Alhamdullilah hari ini kita menyerahkan sebanyak 250 sertifikat halal kepada para pelaku IKM binaan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung. Semua kami fasilitas secara pembiayaan. Persatu IKM itu memerlukan biaya mencapai Rp2,5 juta,” ujar Elly.

Menurutnya, hal ini juga untuk mempertegas program Pemkot Bandung dalam mengembangkan wisata halal dan mendorong para pelaku IKM untuk memasarkan produknya ke luar negeri.

“Ini merupakan dukungan kami dalam rangka meningkatkan kota Bandung sebagai salah satu daerah tujuan wisata halal. Kita juga ingin meningkatkan daya saing IKM Kota Bandung di tingkat global. Tujuannya meningkatkan ekspor dari berbagai produk IKM Kota Bandung,” tuturnya.

Sesuai amanat dari Pemerintah Pusat, kata Elly, Disdagin di setiap daerah harus terus mendorong ekspor produk-produk unggulannya sehingga khusunya IKM Kota Bandung dapat berkembang.

Oleh karenanya, Elly mengajak kepada seluruh pelaku IKM harus terus berinovasi dalam memasarkan produknya. Tak hanya jalur offline tetapi juga dengan strategi berjualan online.

“Saat ini, perdagangan di Kota Bandung ini tidak hanya mengandalkan secara offline. Namun harus dengan online. Kita terus menyosialisasikan kepada para IKM, agar melaksanakan penjualan online dan hukumnya wajib melaksanakan transaksi secara online. Itu untuk meningkatkan penjualannya juga,” ajaknya.

Sementara itu, Salah satu pelaku IKM, Neng Ai mengaku senang produknya sudah berlabeli halal. Sehingga menjadi pemicu dirinya untuk selalu mengembang usahanya lebih baik.

“Alhamdullilah hari ini saya mendapatkan sertifikat halal. Saya tambah bersemangat untuk selalu berinovasi dalam menciptakan produk yang disukai konsumen,” katanya.

Neng Ai juga mengucapkan rasa terima kasihn kepada Disdagin Kota Bandung karena selalu mendampingi dirinya dalam upaya mengembangkan hasil produksinya.

“Saya ucapkan juga terima kasih kepada Disdagin karena selalu memberikan pendampingan dan memberikan banyak ilmu kepada saya seperti cara pengemasan, cara pemasaran dan banyak lagi. Semoga kita semua dapat sukses,” tuturnya.

Pada acara tersebut diadakan juga gelar produk dari para pelaku IKM yang sudah menerima sertifikat halal. Sehingga para tamu undangan dapat mencicipi dan mengetahui produk mana saja yang sudah mendapatkan jaminan halal. Tak hanya makanan, dalam acara tersebut juga ditampilkan fashion show dari para pelaku IKM yang fokus pada busana.(DP)

Categories: Pemerintahan

dialogpublik.com