3358 Personil Siap Amankan Pilkades Serentak di Kab. Kuningan, 3 November 2019, mendatang

DALAM rangka menghadapi Sinergi Polisional Kesiapan Pengamanan Pemilihan Kepala Desa  (Pilkades) Serentak yang akan digelar 3 November 2019 di Kabupaten Kuningan, diadakan rapat koordinasi lintas sektoral operasi pamong linggar, di gedung WSP Polres Kuningan Selasa (15/10/2019) yg dihadiri Wabup H. M Ridho Suganda, SH, MSi.

Kapolres Kuningan AKBP Iman Setiawan, SIK menegaskan pemilihan kepala desa (pilkades), merupakan momentum yang sangat penting karena pembangunan strategis nasional dan daerah ini berada di desa, maka penting pelaksanaan pilkades ini dapat berjalan baik dan aman tidak tergagnggu oleh macam-macam gangguan.

“TNI, Polri dan Pemerintah Daerah  sebagai pilar utama untuk menyamakan langkah dan tekad dengan harapan, pilkades serentak ini dapat berjalan aman, damai dan tentunya pelaksanaan pembangunan di desa dapat berjalan dengan baik dan lancar,” ujar Iman.

Untuk kelancaran dan pengamanan pilkades sudah disiapkan 3.358 personil terdiri dari Polres Kuningan, Kodim 0615 Kuningan, Satpol  Pamong Praja, Dishub, Subdenpom dan Linmas.

Sementara itu, Wabup HM Ridho mengatakan bahwa, pesta demokrasi (pilkades) serentak ini akan dilaksanakan di 203 desa. Sedangkan Kecamatan yang paling banyak menggelar pilkades ini yaitu di Kecamatan Ciawigebang 14 desa dan yang paling sedikit terdapat di Kecamatan Cigugur dan Cilebak masing-masing hanya dua desa yang menggelar  pilkades serentak 2019 ini. “Dari 203 desa yang melaksanakan  pilkades itu tercatat 596 calon kepala desa yang akan mengikuti pilkades serentak ini”, ujarnya.

“Saya mohon bantuan baik dari TNI/Polri agar bisa ikut serta dalam mengamankan pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Kuningan, agar berlangsung  aman, lancar, dan kondusif, Saya sampaikan ucapan terima kasih pada seluruh aparat TNI-Polri yang senantiasa menjaga keamanan di NKRI,” ungkap Wabup.

Lebih jauh Wabup Ridho  berharap dalam pelaksanaan pesta demokrasi ini bisa dilaksanakan dengan baik di seluruh penjuru desa terutama desa-desa yang melaksanakan pilkades.

Dalam pelaksanaannya kedepan baik Pemerintah Daerah, TNI, Polri akan turun langsung ke desa yang akan menyelenggarakan pilkades serentak untuk meninjau persiapan pelaksanaan pilkades yang sudah di jadwalkan agar bisa berjalan aman sukses tanpa ekses. “Serta siapapun nanti yang terpilih dapat membangkitkan semangat Kuningan untuk terus maju membangun ke arah yang lebih baik”, harap Ridho. (H WAWAN JR).

Categories: Parlementaria,Regional

dialogpublik.com