Geo Dipa Pastikan Masyarakat Aman saat Well Testing

PT Geo Dipa Energi (Persero) menjamin keamanan masyarakat sekitar proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Patuha, saat dilakukan well testing atau uji sumur, Sabtu (5/3/2022).

Masyarakat tersebut, yang tinggal di  Kampung Kendeng,  Babakan, dan Kampung Pasirwaas, Desa Sugihmukti, Kecamaran Pasirjambu Kabupaten Bandung.

Menurut Manager 2 PLTP  Patuha, Ahmad Riyan, well testing  dilaksanakan untuk mengetahui keadaan sumur dan mendeteksi  besarnya aliran fluida yang dihasilkan.

“Well testing ini  wajar dilakukan, setelah selesai  pengeboran atau drilling,” ujarnya di Pasirjambu, Minggu (6/3/2022).

gio diva1Menurutnya,.well testing  dilakukan selama 2 jam, yakni  mulai pukul 13.00 Wib hingga 15.00 Wib.

Dalam  rentang waktu tersebut, jelasnya, masyarakat sudah tahu apa yang harus dilakukan saat well testing  berlangsung. Sebab
sebelumnya sudah dilakukan sosialisasi di masing-masing kampung, mengenai apa tujuan dan bagaimana mitigasinya.

“Masyarakat yang mayoritas bekerja di kebun dan ladang sudah mengetahui untuk menghentikan sejenak kegiatannya dan menuju ke tempat yang berlawanan dengan arah angin” ujar Riyan.

GeoDipa  jelasnya, telah mensosialisasikan well testing kepada  masyarakat di wilayah kerja PLTP Patuha satu pekan sebelum pembukaan sumur.

Dia mengatakan, sosialisasi ini rutin dan berkelanjutan dilakukan, bukan hanya  kegiatan well testing, namun mengenai potensi bahaya di wilayah tempat tinggal yang melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung.

Ketua Rukun Warga Rancabolang, Maman, menuturkan, bahwa masyarakat antusias dan aktif
untuk mengikuti sosialisasi.

“Kebetulan kebanyakan masyarakat memang tinggal jauh dari pusat pendidikan. Jadi pas ada sosialisasi begini mereka seneng dan aktif bertanya, apalagi narasumbernya tidak satu arah. Banyak ilmu  baru sampai para remaja juga ikutan. Bagaimana caranya kalau terasa gas, terus cara mengobatinya” ujar Maman.

Selain dengan masyarakat, instansi yang berada di sekitar PLTP Patuha seperti, PT Perkebunan Nusantara VIII, Perhutani, dan Pemerintah Desa terkait juga mengapresiasi GeoDipa yang telah aktif memberikan informasi di setiap kegiatan.(nk)

dialogpublik.com