Hari Jadi Ke 518 Nama Linggarjati Sudah Mendunia

PERINGATAN Hari Jadi ke 518 Desa Linggarjati Cilimus Kab Kuningan yang diprakarsai Karang Taruna Purbadireja berlangsung meriah, sakral dan penuh makna dipusatkan di alun-alun desa setempat Sabtu (8/6/2019).

Bupati H Acep Purnama, didampingi Wabup M Ridho Suganda, mengapresiasi kegiatan tersebut dengan harapan agar desa Linggarjati yang namanya sudah mendunia ini, pembangunan desanya semakin maju dan rakyatnya makin sejahtera.

Dengan bertambahnya usia kata H Acep partisifasi masyarakat Linggarjati harus meningkat serta memberi konstribusi positif dalam pembangunan desa, tegasnya.

Konon menurut riwayat singkat sejarah, Nama Linggajati sudah tentu tidak asing lagi dimata masyarakat luas terutama luar negeri, Nama Linggajati / Lingga(r)jati – huruf ” R ” yang tersemat didalamnya bukan tanpa alasan atau sebab karena sejatinya pelafalan atau pengucapan huruf R (Cadel khas Belanda) itu terjadi ketika pada jaman penjajahan Belanda.

Berangkat dari nama besar dan keinginan luhur, kami Karang Taruna PURBADIREJA Desa Linggajati mempersembahkan Acara Milangkala Desa Linggajati Ke- 518 dengan Tema: ” Hana nguni hana mangké tan hana nguni tan hana mangké “.

hut desa1“Aya ma beuheula aya tu ayeuna, Hanteu ma beuheula hanteu tu ayeuna” yang artinya Ada dahulu ada sekarang bila tidak ada dahulu tidak akan ada sekarang, Karena ada masa silam maka ada masa kini, Bila tak ada masa silam takan ada masa kini.

Acara berlangsung dua hari berturut-turut (Sabtu – Minggu 8 – 9 Juni 2019) dipusatkan di Alun-alun Balai Desa Linggajati Cilimus, Kab Kuningan dihadiri Bupati H.Acep Purnama, Wabup M Ridho Suganda, Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat,SE Sultan Sepuh XIV Cirebon, Kedutaan Besar Kerajaan Belanda Bidang Sosial dan Kebudayaan, Camat Cilimus Eny sukarsih,.M.Si serta para undangan.

Tari Tradisional, Tari Topéng, Kaulinan Budak Lembur, dan pembacaan riwayat singkat Sejarah Linggajati mewarnai Hari Jadi desa Linggarjati yang ditandai pula gerakan menanam pohon dikawasan kaki gunung Ciremai.

Peringatan Hari Jadi ke 518 kata Kades Linggarjati Djadja M Ahya didampingi Ketua Karang Taruna Purbadreja, atas kerja bareng dan dukungan Adventure Sports Bukit Batu Sepur, Keluarga Besar Teureuh Linggajati, Speed Event Indonesia, Pemda dan Disporapar Kab. Kuningan.

Jadikan moment Hari Jadi ini sebagai bagian dari Sejarah. “Bergerak menjadi Sejarah atau Diam menjadi Sampah, ujar Kades Linggarjati Djadja M Ahya. (H WAWAN JR)

Categories: Nasional,Pariwisata

Tags:

dialogpublik.com