3.078 Sapi Divaksin Menjelang Idul Adha 1443 H

GUNA mengantisifasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sedikitnya 3.078 ekor Sapi di Kabupaten Kuningan sudah divaksin. Hal ini sebagai upaya pengendalian dan penanggulangan PMK. Dari jumlah tersebut 591 Sapi potongdi wilayah kecamatan Cibingbin dan 2.487 Sapi perah di wilayah kecamatan Cigugur

Hal itu dikatakan Bupati Kuningan H. Acep Purnama, saat melakukan Dialog Khusus bersama Radio Republik Indonesia Cirebon (RRI). Dengan pembahasan terkait Penanganan PMK, Senin (4/7/2022) dipandu presenter M. Subhan didampingi Kepala RRI Muhammad Yusri Darto, Kabid IKP Diskominfo Kab Kuningan, Anwar Nasihin, S.Kom, M.Si bersama jajarannya.

Dalam dialog Bupati Acep menyampaikan, Kuningan memiliki populasi untuk Sapi Potong dan Sapi Perah 37.118 terdiri dari 28.580 ekor tersebar di 20 kecamatan, sementara Sapi Perah 8.538 hampir berada di wilayah Kecamatan Cigugur. Tidak dipungkiri adanya wabah Penyakit Mulut dan Kuku penyebaranya sampai kepada sapi yang ada di Kuningan, mengakibatkan ada kematian juga pada Sapi Dewasa, Sapi Pedet, Potong Paksa, dan berpengaruh pada produksi susu.

Sementara itu, vaksinasi yang lainnya bertahap sambil berjalan. Sebagai langkah antisipasi dengan menjaga kebersihan kandang,

Selain itu, untuk mengantisifasi merebaknya PMK Dinas Peternakan melaksanakan pengawasan dan pengetatan lalu lintas ternak terutama ternak yang masuk ke Kabupaten Kuningan, Melaksanakan kegiatan Desinfeksi pada ternak, kandang, lingkungan kandang dan sarana prasarana peternakan. Melaksanakan pengobatan suportif pada ternak yang sakit terduga PMK dengan penyuntikan antibiotik, analgetik dan vitamin. (H WAWAN YR).

dialogpublik.com