10.001 Bendera Merah Putih Berkibar di Gedung Perundingan Linggarjati

GEBYAR 10.001 Bendera Merah Putih kembali mewarnai HUT Kemerdekaan RI Ke 77, yang pemasangannya sudah dimulai sejak tanggal 1 hingga 31 Agustus di Gedung Perundingan Linggarjati Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Berbagai elemen masyarakat termasuk komunitas dan kalangan pelajar turut ambil bagian dalam proses pemasangan bendera.

Ketua Pelaksana Djuniarti,S.Sn, M.Sn, didampingi Koordinator umum Henny Kurnia’asih.disela – sela kegiatan menuturkan, pemasangan bendera Merah Putih di Gedung bersejarah ini digagas oleh almarhumah Hana Nining sejak tahun 2015 silam.Dia adalah salah seorang aktivis yang nasionalis dan berjiwa patriotisme. Namun Allah SWT telah memanggilnya untuk menghadap pada 22 Maret 2022 lalu.

Tujuan yang ingin dicapai sang penggagas melalui gebyar merah putih, untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme generasi muda yang saat ini cenderung memudar, tutur Niar sapaan akrabnya, saat pemasangan bendera serentak diikuti oleh Ormas, LSM, pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum, Selasa (9/08/2022).

Gedung bersejarah ‘Perundingan Linggarjati”, menjadi pilihan sebagai pusat pemasangan bendera 10.001 dengan tujuan menumbuhkan rasa kecintaan terhadap tanah air. Tahun ini mengusung tema “Merah Putih Bersatu Bangkit Lebih Kuat”.

Pemasangan bendera dilakukan setiap hari hingga 30 Agustus mendatang oleh anak-anak SD, perangkat desa Linggarjati, dan juga beberapa dari Komunitas. Menyusul sejumlah pelajar tingkat SMP, SMA, SMK dan lainnya akan melakukan pemasangan. Kami juga memberikan kesempatan kepada warga siapapun untuk turut berpartisipasi memeriahkan kegiatan ini. Sumbangan bendera terus mengalir diantaranya dari Pemerintah Kabupaten Kuningan sebanyak 1.000 bendera dan beberapa donasi lainnya.

Sementara ini, sejumlah bendera merah putih sudah terpasang secara bertahap di pagar-pagar Gedung Linggarjati. Disamping itu, warga memasang di kanan-kiri tangga pejalan kaki, beberapa titik di taman sekeliling gedung dan kawasan bangunan bersejarah tersebut.

Sejumlah panitia menyusun bendera hingga membentuk pola jumlah angka ulang tahun Republik Indonesia tahun ini, yakni angka 77.

Sementara itu, untuk menyemarakkan acara akan digelar orasi budaya, pertunjukan teatrikal, musikalisasi puisi, dan penampilan seniman, juga tari tradisional yang digelar di puncak peringatan 20 Agustus mendatang.

Melalui Gebyar 10.001 Bendera Merah Putih, warga Kuningan, dan seluruh warga Indonesia umumnya dapat menghayati nilai-nilai perjuangan para pahlawan dalam mengisi dan memperjuangkan Kemerdekaan RI. Atas dasar itu lokasi 10.001 Merah Putih dilakukan di Gedung Naskah Perundingan Linggarjati yang merupakan salah satu lokasi wisata edukasi sejarah Indonesia.

Mereka yang turut berpartisifasi dan terlibat dalam kegiatan ini sambung Djuniarti, dari berbagai kalangan. Baik generasi muda, para pelajar, mahasiswa, organisasi pemuda dan berbagai komunitas. Mereka tidak hanya berasal dari di Kuningan tetapi dari berbagai daerah lain turut berpartisifasi, ungkap Niar.

Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam Gebyar 10.001 Merah Putih kata Niar, pihak panitia memberi kesempatan untuk dapat berdonasi dalam bentuk bendera merah putih, tiang bambu, ataupun bantuan lainnya. (H WAWAN JR)

dialogpublik.com