PWI Safari Jurnalistik di Kabupaten Bandung

PERSATUAN Wartawan Indonesia (PWI) Pusat bekerjasama dengan PT Astra Internasional. Tbk. Menggelar Safari Jurnalistik di enam kabupaten/kota seluruh Indonesia. Kali ini digelar di Banjaran, Kabupaten Bandung, Rabu (24/9/2019).

Kegiatan itu diikuti 90 orang wartawan cetak, elektronik dan online, sebagai perwakilan dari PWI Kabupaten/kota se- Bandung raya. Hadir sebagai narasumber, diantaranya  Nurjaman Mochtar menyampaikan materi Perusahaan Pers di Era Konvergensi, Ahmed Kurnia Soeriawidjaja dengan materi Wartawan di Era Konvergensi, Hendro Basuki tentang Hukum di Sekitar Pers. Safari diakhiri workshop bertemekan ‘Wartawan Multi-Tasking dengan pemateri, Merdi Sofansyah bersama Raditiyo Wicaksono.

pwi j.Sekretaris Jenderal (Sekjen) PWI Pusat, Mirza Zulhadi menyampaikan, kegiatan Safari Jurnalistik merupakan agenda rutin PWI untuk menambah wawasan wartawan tidak hanya dibidang  jurnalistik, juga mengenai kode etik serta pers di era konvergensi media.

“Sekarang ini materinya lebih ke antisipasi jurnalistik di era digital. Kita melakukan transfer of knowledge dari para wartawan senior yang berpengalaman. Melalui kegiatan ini kami berupaya meningkatkan kompetensi wartawan agar profesional, berwawasan dan beretika,” jelasnya.

Sementara Bupati Bandung, H. Dadang M. Naser mengapresiasi, kegiatan Safari Jurnalistik 2019 yang digelar PWI Pusat bekerja sama dengan PT Astra. Menurutnya, peran dari wartawan sangatlah penting untuk sebuah perubahan, jadi pers harus  menjaga fugsinya sebagai kontrol sosial.

“Wartawan bagian penting dalam sebuah peradaban. Tentu, profesionalitas wartawan harus terus ditingkatkan,” ujarnya seraya berharap, melalui Safari Jurnalistik  kualitas dan wawasan para wartawan, khususnya yang berada di bawah naungan PWI, bisa semakin meningkat. Terutama dalam mengontrol kebijakan-kebijakan pemerintah yang dianggap kurang tepat.

Hadir dalam kegiatan ini Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk Boy Kelana Soebroto, Ketua PWI Jawa Barat Hilman Hidayat dan Sekjen PWI Pusat Mirza Zulhadi, serta penerima SATU Indonesia Awards 2018 Dewis Akbar, pengurus dan anggota PWI Jawa Barat. (hen/bas).

dialogpublik.com