Pesta Rakyat dihari jadi KBB ke 12 Milik Masyarakat

BUPATI Bandung Barat (KBB) Aa Umbara Sutisna mengatakan, Hari Jadi KBB ke-12 tahun 2019, ingin diperingati berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pesta Hari Jadi KBB kali ini, lebih terkesan milik masyarakat KBB dan menanggalkan kesan milik para pejabat saja.

Oleh karena itu, Pemkab Bandung Barat pada Hari Jadi sekarang ini menyajikan berbagai macam hiburan dan pameran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Produk UMKM di KBB tergolong lengkap dengan berbagai keragamannya.

“Disini kita suguhkan pameran produk UMKM Bandung Barat. Produknya sudah lengkap. Ini juga menjadi inspirasi bagi saya untuk membuat tagline dengan judul Bandung Barat Lumpaaat, Sagala Boga Sagala Aya (Bandung Barat Berlari, Segala Punya Segala Ada),” ujarnya, usai membuka Pameran Produk UMKM KBB, yang diselenggarakan di sekitar Plasa Mekar Sari, Selasa (18/6/2019).

Potensi produk UMKM KBB tersebut sambung Aa, bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Ia meyakini apabila potensi yang ada tersebut digali dan dikembangkan, maka dua atau tiga tahun ke depan perkembangan perekonomian masyarakatnya bakal kelihatan.

Pameran dan hiburan yang disuguhkan dalam memperingati Hari Jadi KBB tersebut lanjut Aa, dikemas sedemikian rupa supaya diminati masyarakat KBB. Hal itu sebagai upaya menanggalkan kesan peringatan Hari Jadi KBB, pestanya para pejabat.
“Kita ingin masyarakat ikut menikmati pesta Hari Jadi KBB. Biar masyarakat tahu kalau Hari Jadi KBB itu jatuhnya tanggal 19 Juni. Selama ini sepertinya Hari Jadi KBB belum tersosialisasikan ke masyarakat,” ucapnya.

Sementara pemilik Event Organizer (EO) Narupa, Andri Wibawa mengatakan, pameran produk UMKM tersebut dibagi tiga tempat. Untuk stand utama yang menampilkan produk UMKM dari sejumlah dinas terdiri dari 40 stand. Kemudian untuk tenda-tenda kecil yang menjual berbagai produk makanan, minuman dan kerajinan tangan 50 stand. Sedangkan untuk pedakang kaki lima (PKL) yang berjumlah sekitar 20 pedagang disentralisasikan tidak jauh dari stand-stand kecil.

“Kurang lebih untuk personel UMKM yang terlibat pada pameran ini ada sekitar 100 UMKM,” terangnya.

Selain pameran produk UMKM, pada hari itu panitia menyajikan berbagai hiburan dengan mendatangkan artis-artis cukup terkenal, seperti Doel Sumbang dan Rika Rafika dan tampilan Ega Robot, untuk pentas malam ini. Pada petang hari masyarakat dihibur dengan penampilan band, Black Jack, Gracy Rasta.

Sajian hiburan untuk memerihkan Hari Jadi KBB kali ini masih berlanjut hingga Minggu (23/6/2019). Acara terbagi dua bagian. Pertama di Komplek Perkantoran KBB, pada tanggal 18-19-20 Juni 2019. Acara kemudian dilanjut di Kota Baru Parahyangan 22-23 Juni 2019. (tries)

Tags: ,,,

dialogpublik.com