Kota Bandung-Melbourne Resmikan Kerja Sama Lima Bidang

KUNJUNGAN Wali Kota Melbourne, Australia ke Kota Bandung semakin membuka gerbang kerja sama antara kedua kota. Secara resmi kedua belah pihak telah membubuhkan komitmennya dalam Letter Of Intent (LOI)

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menyatakan sangat serius untuk bisa menjalin kerjasama lebih intensif bersama Kota Melbourne. Bahkan dia tak sabar untuk langsung mengeksekusi sejumlah kolaborasi untuk menopang pembangunan di Kota Bandung.

“Kerja sama sangat kami nantikan. Kami berharap kerja sama ini dapat terwujud sebagai bukti kongkret berkolaborasi dengan kemajuan masyarakat di dua kota ini,” kata Oded usasi penandatanganan LOI di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Jumat (10/5/2019).

Dalam LOI ini Kota Bandung dan Kota Melbourne sepakat untuk bekerja sama dalam lima bidang strategis. Kelima bidang tersebut yakni membangun smart city, memperkuat sektor ekonomi dan perdagangan, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), kota layak huni serta pengembangan inovasi dan start up.

Khusus di bidang pendidikan, Oded berharap lebih banyak kerja sama untuk mendongkrak kualifikasi keahlian dalam bidang teknik. Pertukaran ilmu ini meningkatkan kemampuan tenaga ahli agar siap digunakan oleh industri atau membangun usaha sendiri.

Oded berharap kunjungan Wali Kota Melbourne bersama rombongan selama dua hari di Kota Bandung ini bisa mendapatkan kesan positif. Sehingga, bisa menambah erat hubungan antara Kota Melbourne dan Kota Bandung.

“Melbourne dengan Bandung ada banyak kesamaan. Mudah-mudahan kalau sudah berkesan nanti ketika sudah sampai di Melbourne, ibu wali kota dan delegasi tertarik ingin datang lagi ke Bandung,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Melbourne, Lord Major Sally Capp mengungkapkan kebahagiaannya selama dua hari berada di Kota Bandung. Selain menikmati beragam sajian kuliner, wisata dan sejumlah kegiatan lainnya dia juga melihat banyak potensi untuk menggali kerja sama.

“Kita melihat peluang sebagai tantangan untuk masa depan. Kami tahu Bandung memiliki visi yang sama dalam membangun smart city dan membangun kesejahteran dan harmonisasi masyarakat,” ucap Sally.

Untuk itu, Sally berharap kerja sama ini bisa segera ditindaklanjuti dengan langkah nyata. Sebab, kata dia, SDM dan program kerja dari Kota Bandung dan Kota Melbourne sama-sama memiliki potensi besar untuk menopang pembangunan daerahnya masing-masing.

“Letter Of Intent ini memperlihatkan komitmen kita menjamin kerja sama kita dan kita melanjutkan mengidentifikasi peluang kerja sama lain. Kami harap bisa melanjutkan pertukaran SDM dan ide,” katanya.(DP)

Categories: Pemerintahan

dialogpublik.com