Kabupaten Bandung Dapat Bantuan Mobil

KABUPATEN Bandung mendapat bantuan mobil perlindungan perempuan dan anak dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Bintang Puspayoga.

Mobil tersebut akan dimanfaatkan sebagai kendaraan operasionall.”Wilayah Kabupaten Bandung kan luas, mencakup 270 desa dan 10 kelurahan di 31 kecamatan. Tentunya kendaraan operasional sangat dibutuhkan, terutama dalam rangka penyelesaian permasalahan kekerasan terhadap perempuan dan anak,” ucap Bupati Bandung Dadang M Naser usai mendampingi Menteri PPPA saat melepas Molin di Hotel Mercure Ancol Jakarta, Kamis (28/11/2019).

bantuanPemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung ungkapnya, belum memiliki kendaraan khusus untuk menangani kasus tersebut. Sehingga dengan adanya Mobil, diharapkan bisa meringankan beban para relawan di tingkat kecamatan dan desa.

Selama ini, untuk penanggulangan bencana khusus perlindungan anak memanfaatkan kendaraan operasional BKKBN. Dadang menjelaskan, Pemkab Bandung baru memiliki mobil pelayanan KB, yang fungsinya untuk pelayanan kependudukan. Jadi belum mengakomodir penanganan kasus, terlebih masalah perempuan dan anak.

Selain menyerahkan 70 unit Mobil kepada kabupaten/kota, Mentetri PPPA, Gusti Ayu Bintang.

Selain menyerahkan 70 unit molin kepada kabupaten dan kota se- Indonesia, juga mengukuhkan para pegiat Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM), yang juga bertugas sebagai Kader Masyarakat Indonesia Bersama Lindungi Anak (Kami Berlian).

“Setiap menemukan permasalahan dan pelanggaran hak anak, para kader Kami Berlian akan melaporkan secara daring melalui aplikasi digital. Aplikasi terhubung dengan Simfoni PPA (Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak),”terang Bintang.(Nk)

dialogpublik.com