Gedung Eks BKPD Dan Panglong Kayu, Diamuk Si Jago Merah

GEDUNG eks Kantor Bank Karya Produksi Desa (BKPD) dan Panglong Kayu milik Nana Rusna (31) di blok Puhun RT 04 RW 02 Desa Luragung Tonggoh Kec Luragung Kuningan, Minggu (6/10/2019) malam dinihari sekira pukul 01.30 WIB di-amuk ‘si jago merah’ hingga hangus jadi abu.

Menurut keterangan penjaga ‘panglong kayu’ antara lain, Agung (25), Oha buchori (22), dan Rahmat (41), malam itu sekira pukul 02.15 WIB saya melihat api  tiba-tiba sudah membesar. Api menjalar dari ruang tengah bangunan  panglong kayu. Saat itu juga langsung memanggil teman saya Agung (25) dan Rahmat (41) yang malam itu berada tidak jauh dari lokasi untuk memafamkan kobaran api yang kian membesar.

Sementara itu, warga setempat malam itu turut membantu memadamkan api. Namun api justru kian membesar dan menjalar ke bangunan kosong bekas kantor BKPD. Menyusul pukul 02.50 wib anggota Polres Kuningan Bigadir Sigit (35) datang ke TKP.

Ada keterlambatan laporan kejadian kebakaran karena kebakaran terjadi pukul 01.30 baru dilaporkan pukul 02.55 WIB oleh Nursinta (31) ke kantor UPT Damkar  Satpol PP Kab. Kuningan.

Tiga unit damkar, didukung 10 anggota damkar menuju TKP. Begitu tiba pukul 03.15 WIB Tim pemadam langsung beraksi dibantu warga sekitar, anggota Kepolisian dan TNI

Ahirnya api baru berhasil dipadamkan  pada pukul 06.45 wib atau sekitar 3 jam. 30 menit sejak upaya pemadaman. Penyebab kebakaran amasih dalam penyelidikan dan diduga asal api dari arus pendek listrik/konsleting listrik.

Untuk mengantisifasi kebakaran, Khadafi, menghimbau kepada warga masyarakat yang memiliki tempat usaha, agar waspada terhadap bahaya kebakaran . Memeriksa  Instalasi Listrik, kompor gas dll.  Serta wajib untuk membuat  Sistem Proteksi Kebakaran, Seperti : APAR, Hydran, Tandon air dll.

Apabila terjadi kebakaran, segera laporkan ke kantor UPT Damkar Satpol PP Kab.Kuningan di No (0232 871113). layanan gratis, pungkasnya. (H. Wawan JR)

dialogpublik.com