Ratusan Balon Kades Jalani Test Urine

RATUSAN bakal calon (Balon) Kepala desa dari 78 Desa yang akan menggelar Pemilihan Kepala desa serentak 2021, mengikuti test Urine, yang diadakan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kab. Kuningan, Senin (4/10/2021).

Pelaksanaan test Urine bagi para bakal calon Kepala Desa ini,  dakam rangka mewujudkan pemerintahan yang bersih dan trabsfaran di Kabupaten Kuningan. Menurut Kadis DPMD Kab. Kuningan Drs H Dudi Pahrudin, M.Si, test Uribe ini sebagai salah satu persyaratan pemilihan bakal calon Kepala Desa di Kabupaten Kuningan, setiap bakal calon Kepala Desa wajib melampirkan Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan Narkoba (SKHPN).

Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 1 -.2 Oktober, dan 4 Oktober 2021. Namun masih diberi kebijakan bagi peserta yang berhalangan hadir pada tanggal tersebut untuk melaksanakan tes urine pada tanggal 4 Oktober 2021. Kegiatan test Urine tersebut, dilaksanakan di 5 titik yaitu di Kecamatan Darma, Ciawigebang, Luragung, Cilimus, dan Garawangi. Jumlah kepala desa pada kegiatan test urine ini, sebanyak 78 Desa yang akan melaksanakan pemilihan Kepala Desa.

Sementara itu,  Kepala Seksi Rehabilitasi BNN Asep Syaripudin M.Si, menuturkan, untuk jumlah pemohon pada tanggal 1 Oktober tercatat total 69 orang dengan rincian 45 orang ‘balon’ di Kecamatan Darma dan 24 orang balon Kecamatan Ciawigebang. Sedangkan kecamatan Cilimus,  Luragung dan Garawangi saat ini test Urine masih berlangsung.

Selain tujuan kegiatan ini untuk syarat pemilihan bakal Calon Kepala Desa, menurut Kepala seksi rehabilitasi Asep, untuk mencegah dan melakukan screening kepala desa, agar mereka berhati-hati dan tidak mencoba menyalahgunakan narkoba.

Giat test Urine ini dilaksanakan sesuai protokol kesehatan yaitu, dengan menyediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer, memakai masker, dan tempat duduk yang diberi jarak. Diharapkan dengan terlaksananya kegiatan ini, agar para bakal calon kepala desa lebih berwaspada dan kepala desa ikut serta melaksanakan kegiatan P4GN manakala  mereka terpilih menjadi kepala desa.  (H WAWAN JR)

Categories: Regional

dialogpublik.com