Pelajar Dihimbau Mengunjungi Museum Yang Ada Di Kuningan

DALAM upaya melestarikan peninggalan dan mengenal lebih dekat budaya, dihimbau kepada para siswa TK, SD, SMP maupun pelajar SMA/SMK untuk mengujungi Museum yang ada di Kabupaten Kuningan.

Himbauan ini dikemukakan Plt Kadis Pendidikan&Kebudayaan Kab Kuningan Drs H Maman Hermansyah MSi saat di wawancarai diruang kerjanya didampingi Kabid Kebudayaan Dodon Sugiarto MPd, Senin. (14/10/2019).

pariwisata kuningan
Taman Purbakala Cipari Kuningan

Ada 3 museum yang selama ini sangat minim pengunjung, terutama dari siswa-siswi TK, SD, SMP maupun SMA/SMK. Ketiga museum itu antara lain, gedung Perundingan Linggajarti di Kecamatan Cilimus,Taman Purbakala di kelurahan Cipari dan Gedung Bale Paseban Tri Panca Tunggal kelurahan Cigugur Kec Cigugur”, paparnya.

Dikatakan, dalam Perbup nomor 7/2006 tentang Kepurbakalaan, Kesejarahan, dan Nilai Tradisional pasal 11 ayat 1  menetapkan bahwa, pemasnfaatan koleksi museum dapat dilakukan untuk kepentingan pendidikan, penelitian dan rekreasi (pariwisata) sepanjang tidak menimbulkan kerusakan, hilang atau pemindahan benda koleksi museum.

Selama ini bila musim libur sekolah tiba, para siswa-siswi ‘digiring’ oleh gurunya untuk berwisata keluar daerah, seperti ke Borobudur di Yogjakarta, wisata pantai Pangandaran, Batur Raden Purwokerto atau ke Taman Safari di Bogor dan obyek wisata lainnya di luar Kuningan. Program kunjungan wisata yang dikoordinir sekolah tersebut, sebaiknya diprioritaskan potensi wisata daerah sendiri.

Hal ini sejalan dengan tujuan untuk memberikan pendidikan tentang kebu-dayaan, khususnya pengenalan tentang cagar budaya dan permuseuman. “Khusus bagi pengunjung secara kolektif  sebelumnya bisa menghubungi Kabid Kebudayaan melalui kasi museum dan kepurbakalaan”, imbuhnya. (H WAWAN JR)

Categories: Pendidikan,Ragam

dialogpublik.com