Kerja Bakti Bersama Membersihkan Anak Sungai Cieyong

SINERGITAS TNI dan Masyarakat kembali diperlihatkan dalam kerja bakti bersama membersihkan anak sungai Cieyong yang berada di Kp. Babakan Cianjur Desa Gadobangkong Kec. Ngamprah Kab. Bandung Barat.

Aksi peduli anak sungai ini selain melibatkan Satgas Citarum Sektor 9 Sub 3 serta puluhan masyarakat dari RW. 7 dan 10, juga melibatkan relawan dan Penggiat lingkungan dari Desa Cipeundeuy Kec. Padalarang, Minggu (22/12/2019).

Diawali dengan apel bersama, Dansub 3 Padalarang Pelda Aris Santoso mewakili Dansektor 9 Kolonel Inf Amir Mahmud menyampaikan, bahwa aksi peduli anak sungai ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan Satgas Citarum Sektor 9 untuk melakukan normalisasi semua anak sungai yang berada di Sektor 9.

” Kami hadir ditengah masyarakat untuk bersama sama menjaga lingkungan, saya berharap kegiatan ini dapat menjadi bagian dari edukasi, betapa pentingnya menjaga kualitas air, kebersihan dan kelestarian sungai,” Ujar Pelda Aris Santoso.

” Dansektor 9 Kolonel Inf Amir Mahmud selalu mengarahkan kami untuk menyusuri setiap anak sungai, aliran airnya harus lancar, apabila ada sedimentasinya dilakukan pengerukan, seperti di anak sungai Cieyong ini kami kerjakan bersama warga, karena aliran Cieyong ini langsung menuju Waduk Saguling,” kata Dansub 3 Padalarang.

” Kami lakukan secara bertahap, hari ini bersama warga RW. 10 dan RW. 7, Minggu depannya bagian RW. 8 terus dilakukan sampai anak sungai ini alirannya lancar sampai Saguling”.

Ditambahkan Pelda Aris,” kegiatan ini sekaligus merupakan edukasi bagi warga yang tinggal disekitar anak sungai, tadi kami juga menitipkan kepada ketua RW dan RT untuk turut mengawasi sungai ini dari pembuang sampah, kalau ada tangkap dan laporkan kepada kami, nanti akan kami berikan sanksi sosial sebagai efek jera”.

Menurut Pelda Aris pemulihan Citarum membutuhkan perhatian khusus dari semua pihak, terlebih kesadaran seluruh masyarakat dalam menjaga kebersihan dilingkungan sekitar, salah satunya tidak membuang sampah sembarangan.

Ketua RW. 7 Kp Babakan Cianjur Bapak Udo mengatakan bahwa,” kerja bakti ini melibatkan sekitar 50 orang warga yang berasal dari RW. 7 dan 10, pembersihan anak sungai ini dari batas RW. 7 sampai dengan lapangan bola, ya sekitar 150 meter,” ucapnya.

” Saya selaku ketua RW. 7 sangat berterima kasih kepada Satgas Citarum yang mau turun bersama kami untuk melaksanakan pembersihan anak sungai Cieyong ini dari rumput dan sampah, Insha Allah kami akan terus berkoordinasi dengan Satgas Citarum dan ikut melakukan pengawasan agar tidak ada lagi pembuang Sampah baik dari warga sekitar maupun warga yang sengaja melintas untuk membuang sampah,”tutur Udo yang didampingi Ade ketua RT. 02 dari RW. 10.(Pen/Sus/DP)

dialogpublik.com