Wisuda 133 Santri Tahfidz Ponpes Al’Khoeriah Di Cibingbin

DALAM menghadapi era globalisasi sekarang ini, Santri harus siap menghadapi berbagai tantangan dan harus berjiwa entrepreneur. Hal ini sangat dibutuhkan untuk meraih sukses dimasa mendatang.Hal itu, dikatakan Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, saat Wisuda 133 Tahfidz Quran Pondok Pesantren Al-Khoeriah, di Dususn Manis, Desa/Kec. Cibingbin, Kuningan, Minggu (3/7/2022).

Wabup Ridho memaparkan,para santri harus mengubah orientasinya dari mencari pekerjaan menjadi pencipta lapangan kerja bagi banyak masyarakat lainnya. “Saya berharap, di era yang penuh dengan tantangan ini, para santri lulusan Ponpes Al-Khoeriah dapat menjadi entrepreneurship dalam dunia usaha. Jadilah wirausahawan baru yang bisa menciptakan lapangan kerja, sehingga dapat membantu pemerintah daerah mengatasi masalah kesenjangan sosial di tengah-tengah masyarakat,” ucapnya.

Pendidikan pesantren, madrasah, serta pendidikan tinggi agama Islam ujar Ridho, sangat strategis dalam mencetak lulusan yang inovatif dan berkewirausahaan. Sehingga, para santri mampu bersaing di pasar kerja dan menjadi wirausahawan sosial yang sukses.

“Santri yang mandiri secara ekonomi akan lebih merdeka saat menentukan sikapnya dalam membina umat. Jadi, para santri tidak terkontaminasi dalam urusan lain, mereka fokus menyampaikan kebenaran, menyampaikan yang hak dari ajaran Islam,” ujarnya.

Diharapkan Ponpes Al-Khoeriah dapat menjaga kualitas pendidikannya dengan melakukan inovasi-inovasi program, sehingga Ponpes Al-Khoeriah menjadi laboratorium kader dan Tahfidz Quran.

“Terima kasih kepada para orang tua santri, yang telah memberikan kepercayaan kepada Ponpes Al-Khoeriah dalam memberikan pendidikan agama kepada putra-putrinya. Ridho mengingatkan, pihak Ponpes harus dapat menjaga kepercayaan orang tua santri dengan memberikan pendidikan agama yang berkualitas, sehingga akan lahir santri-santri yang berkualitas dan mumpuni dalam ilmu agama,” pungkasnya.

Hadir Camat Cibingbin Dra. Hj. Imas Minarsih, Dewan Pembina Yayasan Al-Khoreiah KH. Ja’far, Ketua Yayasan Ust. Iyus Yusdiana, Dewan Guru, Tokoh Agama/Masyarakat dan orang tua santri. (H WAWAN YR)

dialogpublik.com