Warga Cileuya Sumringah Dapat Bantuan Sumur Bor

MASYARAKAT Desa Cileuya Kecamatan Cimahi Kab Kumingan yang selama ini mengalami krisis air bersih, menyambut suka cita dibangunnya ‘sumur bor’ diblok Leuwikuda oleh Kementrian PUPR Pemberian bantuan program bina lingkungan sektor sarana dan prasarana air bersih itu merupakan fasilitas air bersih di desa Cileuya, yang di resmikan Jum’at (6/3/ 2020)

Peresmian dihadiri kepala desa Cileuya bersama staf, Camat Cimahi M.Reza, Stp,Msi, DR H Deni Hamdani Asda Pemkab Kuningan, Uri Hartanto,SH,MH Dir. PT Sucovindo, UPTD Puskesmas,  guru SMPN Cimahi dan warga setempat  di meriahkan kesenian tradisional  siswa SMPN 2 Cimahi.

 Kades Cileuya Warjo.SE menuturkan, Insya Allah musim kemarau mendatang  di desa Cileuya khususnya di dusun manis, puhun,wage dan Leuwikuda tidak akan lagi kekurangan air bersih. Untuk itu kami sangat bersyukur sekali akan segala nikmat yang telah alloh berikan kepada warga kami, ujar Warjo. Pengeboran air bersih itu  dikerjakan melalui BBWS dengan kedalaman 130m dan di fasilitasi mesin Jenset. Diharapkan sumur bor ini dapat di rasakan manfaatnya oleh warga dusun leuwikuda dan sekitarnya. Sumur bor ini  di bangun oleh PT Sucovindo dengan kedalam man 50 meter di fasilitasi oleh tenaga listrik berkekuatan 3000 watt  Fasilitas air bersih ini juga akan ada pemanfaatan air siap minum, walaupun  saat ini pemanfaatan air minum belum tersaji, ujarnya.

Terimakasih kepada PT Sucovindo yang telah membatu kesulitan kami dalam bidang air bersih.  Sebenarnya kami ini masih sedih apabila musim kemarau tiba, sebab masih ada satu dusun di Cileuya ini yang selalu kekurangan air bersih yaitu dusun Calingcing, ujarnya.

Fasilitas yang diberikan PT Sucovindo itu, selain pembuatan sumur bor serta  ‘toren’ penampungan air dan MCK nya juga  memberikan bantuan alat kesehatan non medis kepada PUSDUK desa Cileuya, terangnya.

Kami  ingin desa desa di kecamatan Cimahi kedepan kebih maju, kami masih tetap perlu dukungan dari semua pihak pihak terkait. Bukan hanya Cileuya saja di kecamatan Cimahi ini masih ada 9 desa lagi  yang masih memerlukan bantuan program. Mari kita berjuang membangun desanya masing masing, Mari kita bekerja sama dan sama sama bekerja.Saya mengajak pada semua lapisan masyarakat desa cileuya.”Hayu urang bareng bareng ngawangun desa Cileuya nuju kana desa Cileuya anu maju tur mandiri,  ujar Warjo.SE.

Direktur Sucovindo  Uri Hartanto. SH.MH. mengatakan, Program kami ini tidak hanya di Kuningan saja  tapi ada juga di Sulawesi,  Kalimantan dan wilayah wilayah yang lainnya terutama diwilayah  yang kekurangan air bersih di seluruh indonesia.Dengan segala hormat hari ini kami berikan dan kami resmikan Fasilitas yang duresmikan ini silahkan di pergunakan dan di rawat dengan sebaik baiknya oleh warga desa Cileuya. Bantuan air bersih ini semoga bisa di rasakan manfaatnya, Insya Allah barokah untuk kita semua, pungkas Uri Hartanto. (H WAWAN JR)

Categories: Regional

dialogpublik.com