Wali Kota Seongdong Korea “Tergila-Gila” Kopi Manglayang

PENASARAN dengan rasa kopi Bandung, Wali Kota Seongdong Korea Selatan, Chong Wong O menyambangi langsung perkebunan kopi Manglayang Kabupaten Bandung, Selasa (5/3/2019).Ia ingin melihat langsung proses memanen, roasting, hingga pengepakan kopi.

“Saya sangat tergila-gila dengan kopi di sini. Saya kira ini akan laku di Korea,” ujar Chong di Kedai Kopi Palasari, Manglayang.

Ia memimpin langsung rombongan ke perkebunan kopi Manglayang. Rombongan tersebut di antaranya, Ketua Parlemen, pimpinan Kamar Dagang, serta kepala perangkat daerah di wilayahnya.

Chong mengaku, sangat berkesan tinggal di Bandung. Ia bersama rombongan akan tinggal di Kota Bandung hingga 7 Maret mendatang.

“Sangat berkesan bagi saya untuk berkunjung ke sini. Saya tidak akan lupa,” aku Chong usai meninjau kawasan pertanian Kopi Manglayang.

Kunjungan Kota Seongdong-gu ke Manglayang ini melibatkan kerjasama sejumlah instansi terkait antara lain, Pemkot Bandung melalui Bagian Kerjasama, Perhutani distrik Manglayang, Kelompok Tani Hutan Giri Senang Kabupaten Bandung dan Balai Penyuluhan Pertanian Terpadu Provinsi Jawa Barat.

Sebelumnya, rombongan Wali Kota Seongdong juga telah bertemu dengan Wali Kota Bandung, Oded M Danial di Pendopo. Kunjungan ini dalam rangka mempererat kerja sama antara Pemerintah Kota Bandung dengan Seongdong-gu Korea Selatan.

Setelah kunjungan ke pendopo dan pertanian Kopi Manglayang, rombongan juga melihat rencana revitalisasi pembangunan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) di Awibitung, Kelurahan Cicadas, Kecamatan Cibeunying Kidul.

Kota Bandung dan Seongdong-gu Korea Selatan sebelumnya juga telah menggelar kerja sama. Pada tahun 2018 lalu, dua lurah terbaik di kota Bandung pergi belajar tentang sistem pemerintahan di Negeri Gingseng sana.(DP)

dialogpublik.com