Wakil Ketua DPRD dan Ketua Komisi I DPRD Jabar Hadiri Gerakan Nasional Penanaman Pohon Serentak

GERAKAN Nasional Penanaman Pohon serentak yang dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan menginggat kualitas udara dan hutan semakin buruk, seluruh kader serta simpatisan PDI-Perjuangan bersama masyarakat melakukan Gerakan Nasional Penanaman Pohon secara seretak se-Indonesia, Minggu (2/2/2020).

Kegiatan ini dilaksanakan selain menjadi komitmen PDI-Perjuangan dalam mencipta peradaban lingkungan hidup yang sehat, juga diperuntukkan sebagai kado ulang tahun PDI-Perjuangan ke-47 tahun serta kado ulang tahun untuk Ketua Umum PDI-Perjuangan, Megawati Soekarnoputri yang pada 23 Januari kemarin genap berusia 73 tahun.

Untuk Tingkat Jawa Barat Gerakan Leuweung Padjadjaran dimulai dari kaki gunung Patuha,tepatnya Di Pusat Penelitian Teh dan Kina,Desa Kampung Gambung, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung.Kegiatan ini di hadiri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ikut menanam 222.020 bibit pohon pada lahan kritis sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum.Ratusan ribut bibit itu terdiri dari 150 jenis pohon, 89 pohon di antaranya tergolong tanaman endemik atau langka.

Gerakan bernama Leuweung Padjadjaran yang digagas Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia Perjuangan ini sangat di aparesiasi Kang Emil sapaan akrab pria berkacamata ini.Gerakan lingkungan dari partai politik melengkapi gerakan penanaman 25 juta pohon yang akan dicanangkan Pemda Provinsi Jawa Barat bulan depan.

Ridwan Kamil juga akan mengangkat kearifan lokal, seperti PDI Perjuangan yang memiliki para penjaga lingkungan yang disebut Jawara (Jaga Wana Nusantara) yang akan diadopsi secara massal dalam program penanaman 50 juta pohon Pemprov Jabar.

Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari dan Ketua Komisi I DPRD Jawa Barat Bedi Budiman dan anggota seperti NIa Purnakania,Ijah Hartinia dan lain-lain,menghadiri acara Pencanangan Leuweung Padjajaran – Gerakan Nasional Penanaman Pohon.
Dengan Tema : Melestarikan Lingkungan, Memelihara Hutan Dan Sungai Sebagai Simbol Peradaban.

Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan gerakan menanam pohon dan menjaga bumi sudah menjadi kebijakan partai berlogo banteng bermoncong putih itu.

Menurut Hasto, politik lingkungan PDI Perjuangan adalah politik yang membumi dan merawat seluruh keindahan alam raya, yang bisa dimulai dari rumah tangga.

Ditambahkannya Ketum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri sendiri menurutnya memiliki kecintaan terhadap alam dan kelestarian alam yang sangat kuat. Alasannya, dengan mencintai alam akan memberikan kemakmuran dan kesejahteraan bagi masyarakat.

Acara Yang Dihadiri Oleh Menteri Sosial RI Juliari Batubara,Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto,Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono perwakilan Kementerian LHK, BNPB dan sejumlah kepala daerah serta petinggi PDI Perjuangan.(***)