Tour De Linggarjati Kembali Akan Digelar

PANITIA Tour De Linggarjati (TDL) 2019 dipimpin Sekda DR H Dian Rachmat Yanuar MSi menyampaikan presentasi dihadapan Gubernur Jabar Ridwan Kamil dirumah dinas  Bale Pakuan Bandung Jumat pagi (9/8/2019) didampingi Ketua ISSI Kuningan/ketua panitia Drs Agus Sadeli MSi, sejumlah panitia pelaksana dan hadir pula Kadispora Jawa Barat.

Persiapan sudah dilakukan maksimal dari mulai survey lapangan, route dan infrastruktur lainnya.  Event TDL yang akan digelar 13 -15 September 2019 mendatang, selain diikuti oleh para pembalap nasional juga akan diikuti pembalap luar negeri antara lain, dari Singapura, Malaysia, dan Brunai, bahkan sejumlah negara seperti Jerman, British, Thailan dan beberapa negara lainnya.

Dikatakan, TDL ke V ini resmi masuk 100 Event Agenda Kemenpar RI atas kerja bareng dengan Sta.TV Indosiar dan SCTV, yang akan dimeriahkan Artis dangdut papan atas, Sastia Gotik, Dewi Persik, Nazar, grup De’Calung Bandung dan grup Band lokal, paparnya

TDL ini kata DR H Dian, melalui route 23 kecamatan dan 116 desa dengan medan cukup ‘ekstrim’, banyak turunan tajam dan  tanjakan yang cukup menantang. Route khusus IRR Men Elite melalui jalur Kuningan Selatan yaitu Selajambe, Subang, Cilebak dan Ciwaru.

Diharapkan melalui event TDL ini dapat mengenalkan seluruh potensi wisata Kuningan serta meningkatkan kunjungan wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara, ujarnya optimis.

Gubernur Ridwan Kamil mengaspresiasi dan mendukung event TDL ini untuk dijadikan ‘ikon’ Sepeda Jawa Barat dan menjadi agenda tetap setiap tahun, ujar RK.

Ketua panitia, Drs Agus Sadeli MPd men-jelaskan, TDL yang berhadiah total Rp 250 juta itu diawali acara welcome party Kamis (12/9) di Grand Cordela Hotel Jl Siliwangi Kuningan, Jumat pagi (13/9) kirab atlet, start ITT dan dilanjutkan City Tour ke Kebun Raya Kuningan, Telaga Biru Cicerem, dan desa wisata Cibuntu Kecamatan Mandirancan.

Jadwal berikutnya Sabtu (14/9) lomba dibagi beberapa kategori putra/putri sbb: individual road race, IRR Youth 30 Km, IRR Junior & Men Master AB = 48,2 Km, IRR Men Elite radius 103,3 Km, dan BMX Freestyle Competition.

Puncak TDL digelar hari Minggu (15/9/2019) dengan menggelar Fun Bike yang di pusatkan di Taman Kota Kuningan route sejauh 16,5 Km dan kelas Criterium, terang Agus Sadeli.

Lebih jauh dikatakan, rangkaian acara TDL (13-15/9-2019) dimeriahkan oleh  Festival TDL dan Kuliner Kuningan yang berlokasi di Jl Dewi Sartika mulai depan kantor Pegadaian sampai Kedai Artha Kuliner yang disajikan pernak pernik TDL (Kaos/Jersey TDL, soupenir lainnya dan makanan khas Kuningan).

Ketua panitia Drs Agus Sadeli MPd berharap kepada segenap lapisan masyarakat untuk mendukung dan mensukseskan event TDL ke V dengan  mengajak Keluarga, famili, dan tetangga hadir nonton turut memeriahkan acara Internasional Tour de Linggarjati V pada  tgl 13 – 15 September 2019 di Kuningan, pungkasnya. (H WAWAN JR)

dialogpublik.com