TNI dan Warga Gotong Royong Bangun IPAL

MEMASUKI hari ke tujuh Pra TMMD ke-111 masyarakat dan anggota Kodim 0615/Kuningan bergotong royong membangun Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) di Dusun Cilimus, Desa Jamberama, Kecamatan Selajambe, Kabupaten Kuningan, Kamis (10/6/2021).

Pengerjaan IPAL ini baru mencapai 25% dengan skala pemukiman 25 KK. Ini akan menjadi solusi atasi limbah bagi masyarakat Dusun Cilimus, Desa Jamberama, tutur Danramil 1514/ Subang Kapten Inf Ujang disela sela giat gotongroyong versama warga.

“IPAL atau instalasi pengolahan air limbah adalah sarana untuk mengolah limbah cair seperti limbah dari WC, air cuci atau kamar mandi. Limbah rumah tangga dari sebanyak 25 KK disekitarnya, akan dialirkan melalui pipa yang akan dipasang menuju instalasi pengolahan bersama,” kata Kapten Ujang. Diharapkan kedepan melalui program pembangunan IPAL ini, masyarakat yang berada di beberapa RT dan RW ini akan menerima manfaatnya. Mereka akan dengan mudah membuang limbah rumah tangganya, tanpa harus membangun sarana penampungan atau septik tank, terangnya.

“Kondisi lingkungan akan menjadi bersih dan terbebas dari wabah penyakit yang yang ditimbulkan dari limbah tersebut,” imbuhnya.

Saji (61) warga Dusun Cilimus merasa senang dengan adanya program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) karena mereka jelas – jelas terbantu. Seperti salah satunya pembangunan IPAL.

“Masalah limbah ini kalau tidak dikelola dengan baik, akan berdampak dan mengganggu masyarakat sekitar. Bukan saja bagi kesehatan tapi bisa mengganggu ketertiban, keindahan dan kenyamanan bagi lingkungan itu sendiri,” ungkap Saji.

“Terima kasih TNI atas program TMMD ini, semoga dengan dibangunnya IPAL ini, lingkungan sekitar Dusun Cilimus kesehatan warganya akan lebih nyaman dan sehat”, pungkasnya. (H WAWAN JR)

Categories: TNI/POLRI

dialogpublik.com