Terobosan Pariwisata Ekonomi Kreatif Di Talaga Biru Cicereum

PELATIHAN Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Tingkat Dasar Tahun 2022, diwarnai pemberian bantuan mesin potong rumput kepada 50 Kepala desa dari bidang kepemudaan yang diserahkan ketua Jabar Bergerak Hj Ika Rahmatika, SE di ODTW Talaga Biru Cicereum, Desa Kaduela, Pasawahan, Kuningan, Kamis (06/01/2022).

Kadisporapar, Dr. H. Toto Toharuddin, M.Pd, disela acara mengatakan, memajukan kepariwisataan di kabupaten Kuningan kita harus berkolaborasi dengan pihak lain. Perlu kita pahami dan ketahui bahwa, saat ini kita sudah sampai pada fase ekonomi kreatif atau industri kreatif karena banyak sumber daya alam yang ada di indonesia khususnya di kabupaten kuningan yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Terkait hal ini perlu dukungan dari berbagai sektor, salah satu upaya yaitu melalui berbagai inisiatif pengembangan serta pemberdayaan pelaku ekraf, agar dapat meningkatkan kemampuan dan meraih peluang usaha sehingga potensi yang dimiliki bisa berkembang.

Dalam upaya lebih meningkatkan keterampilan pelaku ekraf kata H Toto, diperlukan sebuah wadah untuk menuangkan ide ide kreatif mereka. sehingga nantinya akan bisa langsung mempraktekannya. Sebagai bentuk nyata hari ini pemerintah kabupaten kuningan melalui dinas pemuda olah raga dan pariwisata akan memberikan apresiasi kepada kelurahan, desa pengelola pariwisata, dan kelompok ekonomi kreatif sebagai bentuk nyata dalam meningkatkan dan mengembangkan perekonomian ekonomi masyarakat melalui penyaluran bantuan mesin rumput dan peralatan ekonomi kreatif, semoga dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin.

Camat Pasawahan Cece Hendra Krissianto, S.STP. M.Si. mengucapkan “terima kasih atas kepercayaannya sehingga ODTW Talaga Biru Cicereum ini dijadikan tempat berlangsungnya kegiatan ini”.

Sementara itu, Hj. Ika Acep Purnama selaku Ketua Jabar Juara Kuningan menyampaikan, terima kasih kepada Bupati beserta jajaran yang selama ini telah banyak mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh jabar bergerak kabupaten kuningan .

“Kami mengapresiasi kegiatan tersebut, semoga dengan bantuan sarana prasarana ini berdampak positif terhadap sektor pariwisata di kabupaten kuningan”, ungkapnya.

Selanjutnya kami berharap, adanya sinergitas dengan para pihak, agar masyarakat bisa melestarikan destinasi wisata supaya selalu berkembang dan dikenal luas oleh masyarakat, “sehingga dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke destinasi wisata di kabupaten kuningan” pungkas Hj Ika. (H WAWAN JR ).

Categories: Ekonomi

dialogpublik.com