Syukuran HUT TNI Ke 77, Digelar di Stadion Siliwangi

PANGDAM III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo S.I.P., bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah III/Slw Ny. Mia Kunto Arief Wibowo mendampingi Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman pada acara syukuran Peringatan HUT TNI ke 77.

Kegiatan tersebut digelar setelah pelaksanaan upacara memperingati HUT TNI ke 77 di Lapangan Manunggal Brigif 15/Kujang II Cimahi, Rabu (05/10) kemarin yang dipimpin langsung oleh Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo S.I.P.

Demikian disampaikan Kapendam III/Slw Letkol Inf Adhe Hansen di Kantor Pendam III/Slw, jalan Aceh No. 69 Kota Bandung Jawa Barat, Kamis (06/10/2022).

Lanjut dikatakannya, kedatangan Kasad dengan rombongan disambut tarian Lengser dan pengalungan bunga serta sorban dari Ketua MUI, sementara ibu Kasad menerima hand bucket dari ibu Ketua MUI Jabar. Saat tiba di stadion Kasad disambut tim marawis Polri dan santri, selanjutnya menuju tempat penandatanganan Prasasti peresmian penggunaan Stadion Siliwangi setelah direnovasi.

“Usai melakukan penandatanganan prasasti dilanjutkan pemberian Jersey dari Viking Persib Bandung kepada Kasad dan Kasad memberikan jaket loreng kepada bobotoh dan menejer Persib, dilanjutkan pengguntingan pita tanda diresmikannya Stadion Siliwangi,” ujarnya

Dikatakan lebih lanjut bahwa, gelaran syukuran tersebut dimeriahkan beberapa penampilan seperti kolaborasi seni orkestra angklung dari Persit Kartika Chandra Kirana, Komunitas Jawa Barat, anak sekolah, Kowad dan prajurit TNI AD. Saat itu Kasad, Wakasad, Pangdam III/Slw serta beberapa pejabat utama lainnya turut berpartisipasi memainkannya.

Selepas memainkan angklung, Kasad menuju Tribun utama, untuk menyaksikan penampilan Rampak Bedug dan Rampak Gendang. Tidak hanya itu, ditampilkan juga Senam Sparko dari Yonif 300 Raider dengan personel TNI 300 orang, display Genderang Suling Canka Lokananta (GSCL), display Drone serta atraksi terjun payung sebanyak 10 orang.

“Termasuk atraksi lempar sarung (balon sarung) dalam rangka pemecahan Rekor Muri yang dilakukan oleh 26 ribu orang masyarakat yang hadir di Stadion Siliwangi,” jelanya.

Pada kesempatan tersebut juga, Kasad membuka turnamen Liga Santri Piala Kasad. Menurut Kasad liga ini bertujuan memberikan konstribusi dan sumbangsih untuk kemajuan sepakbola Nasional sekaligus menggali bakat-bakat potensial pesepakbolaan handal dari lingkungan santri. Karena sudah terbukti dari beberapa pemain nasional mewarnai sepakbola Indonesia merupakan hasil binaan dari lingkungan santri, seperti Evan Dimas, Asnawi Mangualam dan Nadeo Argawinata. Untuk pertandingan belum diselenggarakan sekarang.

Acara diakhiri penerimaan piagam penghargaan rekor Muri oleh Pangdam III/Slw.

Sebelum meninggalkan Stadion SIliwangi, Sambung Kapendam, kepada awak media Kasad menegaskan bahwa TNI Angkatan Darat akan terus membantu masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan dengan berbagai program.

Kasad menyampaikan, saat ini TNI Angkatan Darat sedang gencar melaksanakan program ketahanan pangan dan manunggal air serta penanganan stunting.

“Sesuai perintah Presiden Republik Indonesia, bahwa TNI Angkatan Darat, TNI pada umumnya untuk membantu menangani kemungkinan krisis pangan. Sehingga seluruh jajaran TNI Angkatan Darat, bahu membahu dengan menanam pohon yang bermanfaat yang hasilnya berkontribusi kepada masyarakat,” jelas Kasad.

Selepas memberikan keterangan kepada awak media, Kasad berangkat ke Malang untuk melihat masyarakat yang terluka dan menyampaikan bela sungkawa kepada keluarga masyarakat yang meninggal. Kasad juga akan menyampaikan ucapan terima kasih kepada prajurit TNI yang selama ini telah banyak membantu masyarakat.

Kasad mengajak seluruh masyarakat untuk mendo’akan saudara-saudara yang telah meninggal dunia pada tragedi di Stadion Kanjuruhan, semoga arwahnya diterima di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa, kemudian keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan ketabahan. (Pen).

dialogpublik.com