Sonya Fatmala, ada ditengah-tengah atlet Peparda, Semangati Bertanding

KEHADIRAN Sonya Fatmala, pada saat Opening Ceremony Pekan Paralympic Daerah (Peparda) VI Jabar 2002, Kabupaten Bandung Barat (KBB), memberikan warna tersendiri bagi para atlet National Paralympic Committe Indonesia (NPCI) setempat di Hotel Nuanza-Kabupaten Bekasi, Selasa (22/11/2022).

Sonya, sebagai Ketua Kontingen Peparda VI tahun 2022 KBB, hadir bersama sang suami, Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan untuk memberikan support pada para atlet andalanya.

Dalam kesempatanya Sonya, tentang kesiapan Kontingen KBB, menyatakan para atletnya sudah siap bertanding, sebelumnya sudah berlatih secara maksimal untuk berlaga di even olahraga tersebut.

“Kalau kesiapan, saya rasa para atlet sudah siap berlaga secara maksimal. Kita tinggal menunggu hasil yang terbaik tentunya,” ujarnya,

Sonya berharap, selama bertanding para atlet untuk tetap menjaga kesehatannya. Selain itu, ia wanti-wanti agar spirit untuk menjadi juara diimbangi dengan sikap sportivitas.

” Target KBB di Peparda ini, Sonya mengatakan bisa mengumpulkan medali sebanyak-banyaknya,Tapi kami tetap menghargai apapun hasilnya,” singkatnya.

Menyikapi tentang mutasi atlet yang sempat bergejolak di Peparda VI, Sonya menjawab dengan bijak.

Menurutnya, sepanjang melalui prosedur yang benar sah-sah saja. “Itu adalah keputusan masing-masing pihak, itu mungkin kesepakatan bersama juga. Mudah- mudahan melalui prosedur yang baik,” tegasnya.

Sementara, Ketua NPCI Jabar, Supriatna Gumilar menyatakan kebahagiannya atas terselenggaranya Peparda kali ini secara megah.

Ada peningkatan yang signifikan untuk peserta ajang bergengsi untuk kaum disabilitas ini. Pada tahun 2018, hanya diikuti 1.500 peserta dan tahun 2022 terdapat 2.500 peserta.

“Saya senang dan bangga, Peparda sekarang bisa diselenggarakan dengan megah dan mewah,” ucapnya.

Menurutnya, atlet Peparda Jabar memang dapat diandalkan untuk memperkuat Indonesia di even Paralimpic tingkat Asia.

Atlet Paralimpic Jabar yang berhasil meraih juara, akan memperkuat Kontingen Jabar pada Peparnas nanti. “Atlet Paralimpic Jabar, banyak memberikan sumbangan medali di even Paralimpic Tingkat Asia,” pungkasnya.(trs)

dialogpublik.com