Sengketa Air Masyarakat Cigugur dan PAM Kuningan Menemui Titik Terang

PERMASALAHAN pemanfatan air bersih di Kelurahan Cigugur Kuningan Jawa Barat, yang selama ini menimbulkan sengketa dan keresahan masyarakat akhirnya menemui titik terang dan kesepahaman kedua belah pihak.

Hal itu dikatakan Direktur PAM Tirta Kamuning Kuningan H Deni Erlanda, SE, M.Si didampingi Divisi Pelayanan Anto selepas acara pertemuan pembahasan permasalahan yang terjadi di Ruang Rapat Utama Lt. 2 PAM Tirta Kamuning, Selasa, (20/09/2022).

Pertemuan ini dihadiri oleh Direktur dan Dewan Pengawas PAM Tirta Kamuning, Assda Bidang Pembangunan & Ekonomi DR Ukas Suharfaputra, perwakilan dari masyarakat Cigugur pengurus LPM, Dewan Pakar, Karang Taruna, Mitra Cai dan perwakilan masyarakat, Lurah dan Camat Cigugur serta Bagian Hukum SETDA Kabupaten Kuningan.

Dari hasil pertemuan setelah kedua belah pihak menyampaikan penjelasan atas kondisi yang terjadi yang disampaikan

oleh Direktur PAM Tirta Kamuning H. DENI ERLANDA,SE, M.Si beserta ketua LPM Kelurahan Cigugur Drs. AANG TAUFIK, M.Si, para pihak sepakat bahwa untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi akan dilakukan secara intensif dengan menjalankan komunikasi antar kedua belah pihak.

Dalam pertemuan tersebut pihak LPM menyampaikan beberapa hal yang perlu ditindaklanjuti dalam upaya pemenuhan kebutuhan air baik untuk kebutuhan air minum PAM Tirta Kamuning maupun kebutuhan masyarakat pertanian.

Adapun beberpa hal tersebut diantaranya pengaturan kembali tata kelola dan pemanfaatan air yang berjalan sekarang dengan memperbaiki beberapa sarana prasarana yang ada, sehingga kepentingan air bagi PAM Tirta Kamuning dan Masyarakat petani dapat terpenuhi, pembangunan bak pengumpul, pemeliharaan dan perbaikan saluran irigasi yang rusak dan peninjauan ulang besaran konpensasi pemanfaatan air yang diberikan kepada kelurahan Cigugur.

Atas beberapa hal yang disampaikan LPM, PAM Tirta Kamuning dapat memahami dan siap untuk berkoordinasi dengan masyarakat Cigugur.

“Khusus untuk penyediaan Bak Pengumpul dan irigasi, kami akan mencoba komunikasi dengan Dinas terkait dan Pemerintah Daerah. Sedangkan untuk hal hal teknis penyempurnaan sarana prasarana dilapangan akan dilakukan melalui koordinasi antara tim teknis PAM Tirta Kamuning dan Dewan Pakar LPM Kelurahan Cigugur,” jelas H. Deni Erlanda.

Sementara itu,  kedua belah pihak saling meminta maaf atas penyelesaian permasalahan yang berlarut

larut selama ini, namun dengan adanya pertemuan ini alhamdulillah ada kesepahaman dari kedua belah pihak, sehingga kedepan upaya upaya terutama upaya teknis dalam penyelesaian dilapangan agar pemanfaatan air dapat terpenuhi bagi kedua belah pihak serta lebih diintensifkan melalui komunikasi yang baik antara PAM Tirta Kamuning dan LPM termasuk dengan Dewan Pakar, ujar H.Deni Erlanda.  (H WAWAN JR)

dialogpublik.com