Sekwan Purwakarta: Pentingnya Mengikuti Workshop Nasional Asdeksi

SEKRETARIS Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Drs. H. Suhandi, M.Si bersama 8 orang pegawai dilingkungan Sekretariat Dewan (Setwan), mengikuti workshop nasional yang diselenggarakan Asosiasi Sekretaris DPRD Seluruh Indonesia (Asdeksi) di Medan, Sumetara Utara.

Dikatakan Sekwan Suhandi, fungsi Setwan yang sangat strategis sebagai penyelenggara administrasi kesekretariatan dan keuangan serta fasilitasi penyelenggaraan rapat DPRD, maka unsur Aparat Sipil Negara (ASN) di lingkungan Sekretariat DPRD perlu terus meningkatkan kompetensi SDM berupa kemampuan individu, pengetahuan, ketrampilan dan karakteristik sebagai perwujudan bagi terciptanya fungsi Setwan yang handal dan profesional.

“Kegiatan workshop nasional itu dilaksanakan baru selesai beberapa hari lalu dalam rangka optimalisasi tugas, pokok dan fungsi (Tupoksi) di Sekretariat DPRD Purwakarta,”kata Sekretaris DPRD, Suhandi yang kesehariannya suka dipanggil pak Sekwan ini.

Diterangkannya, pada saat yang sama juga disosialisasikan PP No. 30/2019 tentang penilaian kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan penjabaran dari surat-surat edaran dari Kemendagri yang diterima Setwan.

Pak Sekwan menjelaskan, workshop nasional diadakan agar tenaga-tenaga Setwan semakin handal dan profesional, khususnya dalam menunjang ‘Tri Fungsi’ kinerja DPRD yang meliputi Legislasi, Budgeting (keuangan), dan Pengawasan.

“Workshop nasional ini menghadirkan beberapa narasumber dari Dirjen Keuangan Daerah, dari Kemendagri, dari Badan Kepegawaian Negara, serta dari Widyaswara Utama Kemendagri,”tutur pak Sekwan.

Diterangkan, ada tiga materi yang disampaikan narasumber, yakni tentang ASN (kepegawaian), tata kelola kuangan, dan pelantikan. Biasanya, lanjut Sekwan, yaitu berupa study kasus (problem solving), sehingga peserta workshop lebih mudah memahaminya. “Perkara pelantikan saja, misalnya, baik pimpinan dewan maupun anggota dewan ada beberapa di Kabupaten/Kota yang berbeda pelaksanaannya,”kata pak Sekwan menerangkan mengapa penting dirinya dan staffnya mengikuti workshop itu.

Sekwan Suhandi menerangkan gambaran dimaksud seperti di daerah Papua, contohnya, karena geogrofisnya dari satu tempat ketenpat lainnya yang cukup jauh, prosesnya memakan waktu lama.

“Alhamdulillah, kalau kita (Sekretariat DPRD Purwakarta-red) tepat waktu,”katanya. Dia juga menerangkan tentang tata kelola keuangan, narasumber antara lain memberikan petunjuk bagaimana mengelola keuangan dari pimpinan defenitif kepada pimpinan sementara.

Suhandi menerangkan, Asdeksi merupakan organisasi yang menghimpun kesekretariatan di Sekretariat DPRD yang dibentuk Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) sejak tahun 1980-an.

“Sedangkan frekwensi kegiatan Asdeksi mengadakan workshop sudah terjadwal setiap dua bulan sekali, selama enam kali dalam satu tahun, dan satu kali Rakernas,” ungkap pak Sekwan, Suhandi, Senin (9/9/2019) dikantornya. (jab).

dialogpublik.com