Sektor 23 Pembibitan Bersama Masyarakat Lakukan Pemeliharaan Tanaman Jeruk Dekopon

SATUAN Tugas Citarum Harum Sektor 23 pembibitan bersama masyarakat melakukan pemeliharaan tanaman jeruk dekopon diwilayah Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, kabupaten Bandung. Jum’at (12/8/2022).

Jeruk dekopon berasal dari Jepang merupakan tanaman subtropis yang tumbuh subur di suhu dingin antara 20 – 26 derajat Celcius. Sedangkan di Indonesia Jeruk Dekopon membutuhkan sinar matahari yang dapat tumbuh optimal di dataran rendah dan tinggi.

Saat di temui, Anggota Sektor 23/Pembibitan Pratu Riva’i mengatkan, di ketinggian lebih dari 1000 mdpl tanaman produktif menghasilkan buah yang cantik dengan ukuran maksimal (> 1 kg), akan tetapi dari segi rasa kurang memuaskan selera lokal.

“Namun jeruk dekopon ini dibuat rasa nya menjadi manis seperti jenis-jenis jeruk yang lain, karena jeruk dekopon menyukai tanah yang gembur dan subur”. Katanya.

Untuk perawatan jeruk dekopon, Pratu Riva’i menjelaskan, dikakukan penyiraman sebanyak 1 – 2 kali sehari pada 2 minggu pertama. Setelah itu, penyiraman dapat dilakukan cukup sekali saja sesuai kondisi hujan atau tidak.

“Kita melakukan Penyiraman jeruk dekopon tergantung pada kondisi tanah dan umur tanaman. Kita dalam dalam melakukan penyiraman atau penyemprotan menggunakan bahan air beras, bawah putih yang sudah dihaluskan dan sereh agar tanaman tumbuh subur”. Jelasnya.(***)

dialogpublik.com