Sektor 22 Sub 01 Berbaur Dengan Masyarakat Membersihan Lingkungan

SATGAS Citarum Harum Sektor 22 Sub 01 berbaur dengan masyarakat larut dalam pembersihan lingkungan sebagai program Jumat bersih (jumsih) di wilayah Rw. 03 Kelurahan Sukaasih Kecamatan Bojongloa Kaler Kota Bandung.

Pelda Ujang Supriatna, Dansub 01 Sektor 22 Citarum Harum mengawali kegiatan dengan Apel Pagi sebelum karya bakti, ia mengatakan bersatunya Satgas Citarum Harum dengan masyarakat merupakan modal utama dalam kebersamaan, selain itu program Jumsih perlu didukung serius oleh satgas.

“Sangat jelas bahwa program Jumsih adalah tekad dari pemerintah kewialayahan yang menggiring warga untuk berprilaku bersih dan sehat, ini sangat beririsan dengan Program Citarum Harum dalam cakupan kecil,” kata Ujang, Jumat 12 Agustus 2022.

Hakekatnya Satgas Citarum Harum yang notabene pasukan TNI, sehingga pada program Jumsih di lingkungan Rw 03 Sukaasih ini tuntas lebih cepat, sampah yang didapat sebanyak 140 kg. Diamankan di penampungan sementara.

Menurut Pelda Ujang Supriatna pada pelaksanaan Jumsih terlihat kuat aksi gotong royong yang nyata, ia berharap masyarakat bisa larut pula pada perawatan sungai atau saluran kecil di wilayahnya sebagi bentuk sinergitas pada pendukungan Program Citarum Harum.

Optimalisasi di setiap wilayah oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 dalam perawatan sungai dan kebersihan lingkungan selalu mencerminkan semangat tinggi walau di hadapkan dengan berbagai kotoran yang menjijikkan, hal ini dilakukan tidak ada rekayasa justeru melambangkan pasukan sejati TNI dalam membangun teritorial.

“Seperti korpe (karbak) hari ini kita bersama Gober dan staf kelurahan tidak ada keraguan, karena jalinan kita bersama masyarakat sudah bagus begitupun bersama aparat kelurahan. Jadi pekerjaan tuntas cepat dan rapi hubungan kita semakin bagus dengan mereka,” imbuh Ujang.

Tidak luput dari patroli sungai dan komunikasi sosial bahwa Satgas Sektor 22 melakukan ini pasca karya bakti, sehingga perkembangan sungai bisa terpantau jelas.

“Kita melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pelarangan membuang sampahnya ke sungai, sebenarnya mereka sudah mengerti namun tetap kita jalankan pula supaya mereka tahu bahwa ini sebuah program yang serius oleh kita,” pungkasnya.(***)

dialogpublik.com