Sektor 21 Satgas Citarum Budidayakan Strawberry

SEKTOR 21 Satgas Citarum kini akan lebih berwarna dengan hadirnya kebun strawberry yang menghiasi sekitar klaster pembibitan.

Kebun ini digagas oleh Komandan Sektor 21 Satgas Citarum Kolonel Arh Wahyu Jiantono ini, sebagai bentuk pelengkap edukasi keanekaragaman hayati dari sisi agrowisata yang berada di area Posko Sektor 21 Satgas Citarum. Selain area ikon yang sudah ada sebelumnya, yakni Taman Bambu.

“Kita sekarang disini coba membudidayakan strawberry, ada tiga jenis, diantaranya adalah jenis red giant,” kata Komandan Sektor 21 Satgas Citarum Kolonel Arh Wahyu Jiantono, Senin (7/3/2022).

Hadirnya kebun strawberry ini, seiring dengan penambahan fasilitas bagi kepentingan operasional Posko dan penataan lahan pembibitan pohon.

“Di sejumlah titik disini, kita akan kembangkan lagi jenis tanaman-tanaman endemik yang nanti akan menyatu di area Taman keanekaragaman hayati. Untuk tempat pembibitan pohon, kita sudah siapkan dan terbagi menjadi tiga klaster, antara lain pembibitan pohon tanaman keras, pohon buah-buahan dan kopi,” urai Kolonel Wahyu yang baru efektif menjabat Dansektor 21 selama dua bulan, yang sebelumnya menjabat Dansektor 23.

Menariknya, untuk kebutuhan pupuk tanaman, Sektor 21 Satgas Citarum sudah menyediakan demplot pupuk, seperti BIOS 44 DC serta pupuk cair dari bahan dasar urine kelinci.

“Ya, kita selaraskan dengan program dari DLH Kota Cimahi, yang beberapa waktu lalu kita sudah berkomunikasi. Intinya, ada keberlanjutan program yang memang kita tau tempat ini menjadi taman kehati dan bertujuan bagaimana kita mengembangkan daerah yang indah ini menjadi tempat konservasi dan edukasi lingkungan, juga mengundang minat masyarakat untuk datang sekaligus menghirup udara segar disini,” terangnya.

Pembibitan pohon yang dilaksanakan oleh Satgas Citarum Sektor 21 ini pun hasilnya nanti akan ditanam untuk penghijauan di area Taman Kehati, juga memenuhi kebutuhan pohon untuk lahan kritis di sekitar Kota Cimahi serta wilayah tugas Sektor 21 Satgas Citarum.

Tidak hanya melulu tentang pembibitan dan pembududayaan tanaman, fasilitas di area Posko Sektor 21 Satgas Citarum Taman Kehati ini juga akan terus ditata agar masyarakat yang berkunjung bisa lebih nyaman.

“Inshaallah, kita rencananya kita akan menata kembali jalur jogging track agar lebih nyaman bagi warga masyarakat yang berolahraga disini, juga area khusus untuk perkemahan,” pungkas Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Arh Wahyu Jiantono.(***)

dialogpublik.com