Sekda Dian : Gebyar Perpustakaan Mendorong Minat Baca Masyarakat

SEKDA Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si mewakili Bupati Kuningan nengapresiasi Gebyar Kunjungan Perpustakaan Tahun 2020 dengan tema “Semarak Literasi Wujudkan Inovasi Perpustakaan Berkemajuan”. Kegiatan ini dilaksanakan di Teras Baca Perpustakaan Umum Kabupaten Kuningan, Selasa (29/12/2020).

Gebyar ini merupakan momen yang sangat strategis untuk mendukung minat masyarakat dalam memperluas wawasan dan pengetahuan dengan mengunjungi perpustakaan untuk membaca. Hal ini dikarenakan membaca juga meningkatkan kreativitas dan kepercayaan diri terhadap ide dan informasi baru sehingga dengan bertambahnya pengetahuan akan semakin membangun kepercayaan diri yang tinggi, maka anak-anak dapat mengembangkan inovasi, kemampuan dan bakat yang dimiliki dengan lebih optimal.

“Budayakan membaca dari lingkup keluarga, mulai orang tua, anak-anak dan saudara. Pendidikan dalam keluarga akan lebih efektif menciptakan anak bangsa yang cerdas ,pekerjaan ini memang tidak mudah, namun kita harus berusaha semaksimal mungkin. Kerja sama antara guru, orang tua, komponen masyarakat dan aparat yang terkait serta membuat kreativitas, edukatif, membangun dan meningkatkan gairah, minat serta budaya gemar membaca.” Ujar Sekda Kabupaten Kuningan

Pemkab Kuningan berkewajiban menjamin hak masyarakat untuk memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan melalui layanan perpustakaan sebagai salah satu upaya mendukung Kabupaten Kuningan sebagai Kabupaten Pendidikan.

Dalam rangka meningkatkan kecerdasan perlu ditumbuhkan dan dilestarikannya budaya gemar membaca melalui pendayagunaan informasi, tuntutlah ilmu sejak lahir hingga maut menjemput.untuk itu pemerintah kabupaten kuningan telah menetapkan membuat edaran tentang pencanangan “kuningan Bercahaya, Kuningan Belajar dan Membaca Sepanjang Hayat.

“Program ini sangat luar biasa karena hanya ada di Kuningan, dan itu merupakan sesuatu yang sangat berharga.” Ujarnya

Pemkab Kuningan sangat mengapresiasi upaya Dinas Kearsipan dan Perpustakaan untuk membangkitkan budaya dan minat baca masyarakat dengan melaksanakan berbagai kegiatan sebagai bentuk pengembangan dan pembinaan terhadap perpustakaan desa/kelurahan diantaranya mengadakan lomba keluarga literasi, lomba perpustakaan desa/kelurahan, lomba cerita daerah, lomba duta baca, program wisata baca perpustakaan umum kabupaten kuningan serta gebyar kunjungan perpustakaan.

“Sebagai tindak lanjut dari program literasi maka saya melantik Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan se Kabupaten Kuningan menjadi Bunda Literasi. Pelatihan ini dimaksud sebagai tanggung jawab kepada tim penggerak PKK untuk mensosialisasikan dan menyampaikan program literasi di tingkat Kecamatan. Harapannya semoga program ini akan terus sukses dan maju berkelanjutan.” Ujar Ketua TP PKK. (H WAWAN Jr/Rils)

dialogpublik.com