Sekarang Pemkab Purwakarta Punya UPTD Tera Alat Ukur

PEMERINTAH Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat kini sudah bisa langsung melayani para pelaku usaha yang ingin mentera alat ukur di bidang bisnis yang menggunakan alat ukur seperti timbangan, alat ukur meter Pom Bensin, alat ukur meteran listrik, alat ukur Air PDAM.

“Semua usaha yang menggunakan alat ukur wajib melakukan tera awal maupun tera ulang. Sekarang Purwakarta sudah punya sarana prasarana serta tenaga ahli yang tersertifikasi dari kementrian,”ungkap Kabid Perdagangan Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP), Wita Gusrianita,SE kepada dialogpublik.com dikantornya, Rabu sore (26/2/2020).

“Leading sektor OPD-nya di disini (DKUPP). Untuk teknis pelaksaan dilapangan ada UPTD meterologi,”jelas Wita.

Perlu diketahui, selama ini Kabupaten Purwakarta tidak punya kewenangan regulasi melaksanakan tera. Namun dengan terbitnya peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2018 TentangTera dan Tera Ulang Aalat-alat Ukur, Takar, Tumbang, dan Perlengkapannya, maka kewenangan ada di Kabupaten/Kota.

Bahkan, beberapa bulan lalu Pemda Purwakarta melalui DKUPP telah mendapat bantuan mobil operasional dari Kementrian Perdagangan yang kini sering nongkrong di setiap acara gempungan Bupati pada hari Rabu setiap pekan.

“Masyarakat pelaku usaha bisa melakukan tera ditempat saat ada gempungan. Jadi tidak perlu jauh-jauh dan repot ke Kantor UPTD, manfaatkan keberadaannya,”saran Kabid Perdagangan Wita. (jainul abidin)