Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS, Gelar “Ekspedisi Patroli Merah Putih”

SATGAS Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS bersama Pelajar dan masyarakat Distrik ILU Papua, menggelar “Ekspedisi Patroli Merah Putih” menjelang HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-77 tanggal 17 Agustus tahun 2022 bertempat di Kp. Dolinggame Distrik ILU Kab. Puncak Jaya, Papua, Senin, (08/08/2022).

Hal tersebut disampaikan Kapendam III/Slw kepada awak media di Kantor Media Center Kodam III/Slw Jl. Aceh No. 69 Kota Bandung Jawa Barat, Senin (08/08/2022).

Kegiatan “Ekspedisi Patroli Merah Putih” dipimpin langsung oleh Dansatgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany S.H., M.I.P dengan mengikutsertakan 77 orang mulai dari anggota Koramil 1714-02, Polsek, Puskesmas, SMU Negeri 1, SMP Negeri 1, SD Inpres 1, dan SD YPPGI yang berada di wilayah ILU, serta sejumlah warga masyarakat Kp. Dolinggame ILU.

“Ekspedisi Patroli Merah Putih”, lanjut Kapendam, bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai Patriotisme, mengenang sejarah dan jasa-jasa para Pahlawan kepada generasi muda sebagai penerus bangsa.

Senada dikatakan Kapendam, Dansatgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS menegaskan, “Dari kegiatan ini Satgas Yonif Raider 301/PKS ingin memberikan pemahaman kepada seluruh pelajar dan masyarakat yang turut serta dalam ekspedisi, bahwa keindahan hidup itu bukan terletak pada puncak sebuah tujuan melainkan ketika kita berjuang untuk mewujudkan tujuan tersebut,’’

Dansatgas menambahkan bahwa Ekspedisi pengibaran bendera Merah Putih ini dilaksanakan dengan melintasi alam yang sangat menantang karena letaknya berada di rangkaian ketinggian pegunungan Dolinggame, dihadapkan juga dengan medan alam berupa lereng pegunungan sangat curam dan tanjakan sangat terjal serta jembatan gantung yang sudah lapuk dimakan usia di atas aliran sungai yang sangat deras.

Namun demikian seluruh peserta ekspedisi tampak semangat dan antusias dan tidak seorangpun mundur dalam menghadapi medan yang menantang tersebut serta seluruhnya tiba di Kp. Dolinggame dengan penuh rasa suka cita dan kebanggaan.

Selain melaksanakan kegiatan ekspedisi pengibaran bendera Merah Putih yang dikibarkan di honai-honai, rumah, Gereja dan Sekolah sekaligus juga melaksanakan Baksos pengobatan door to door kepada masyarakat sekitar Kp. Dolinggame dan ditutup dengan kegiatan makan bersama di Pos Ramil ILU (Kout).

Salah satu tokoh masyarakat Distrik ILU sekaligus Kepala Suku, Matius Kogoya menyampaikan rasa bangga serta ucapan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS yang sudah menggagas kegiatan ini.

“Baru kali ini ada aparat TNI-POLRI yang datang ke kampung saya untuk mengibarkan bendera Merah Putih, kegiatan ini sangat baik untuk menumbuhkan jiwa kebangsaan yang tinggi dalam diri pelajar dan masyarakat,’’ ujarnya. (Pen).

dialogpublik.com