Sampah Bahan Baku Ekonomi Dimasa Pandemi

BUPATI Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH. tampil sebagai Pembicara Utama pada Acara Webinar dengan tema “Sampah Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi” dalam rangka Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) secara virtual melalui Video Coference Zoom Meeting, di Ruang Rapat Linggajati Setda Kuningan, (23/2/2021).

Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh setiap tanggal 21 februari 2021, di Kabupaten Kuningan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) telah melaksanakan beberapa kegiatan salah satunya kegiatan Bank sampah dengan pemilahan jenis sampah.

“kegiatan ini juga untuk mengingatkan kita semua bahwa pada umumnya persoalan sampah harus kita seriusi bersama, kami dari pemerintah tidak mungkin mampu menyelesaikan persoalan ini secara sepihak, tetapi kembali lagi urusan sampah ada pada diri kita masing-masing terhadap kepedulian rasa sayang kita kepada lingkungan” ujar Bupati

Bupati Acep mengatakan, mengawali HPSN ini kita harus berkomitmen kepada diri sendiri untuk memperlakukan sampah dengan baik cara memilah sampah dari sifat sampah itu sendiri, misalnya sampah organik ataupun anorganik.

“Saya mengajak kita komitmen untuk memperlakukan sampah yang kita hasilkan untuk di buang ketempat yang sudah disepakati.” ujarnya.

Bupati Acep berharap, dengan komitmen bersama dalam rangka HPSN masayarakat Kabupaten Kuningan dapat memperlakukan sampah untuk megolah sampah dengan cara memisahkan sampah dan membuang ke tempat yang semestinya.

Mengelola sampah secara baik imbuh Acep, akan menghasilkan sesuatu nilai baik bahkan dalam pertumbuhan ekonomi.

“Dengan begitu perubahan mindset diperlukan dari pola pikir beli-pakai-buang menjadi program 3 R yaitu Reduce-Reuse-Recycle.” ujarnya.

Pemerintah Daerah dan Dinas Terkait juga memiliki program gerakan bersedekah sampah. tetapi apabila tidak dalam bentuk sedekah melainkan dengan menabung yang disebut dengan bank sampah.

“Allhamdulillah gagasan kita selaku Aparatul Sipil Pemerintah akan memulai sesuatu yang baru, saya akan mewajibkan seluruh Aparatur Pemerintah Daerah dengan keluarganya untuk mengumpulka sampah terutama sampah organik dan anorganik.“ ujarnya.

Saya menghimbau kepada masyara untuk tertib membuang sampah dan jangan membuang sampah sembarangan, tegasya.

“Buanglah sampah pada tempatnya, cintai lingkungan kita, jaga kesehatan kita dengan membuang sampah pada tempat nya.” pungkasnya. (H WAWAN JR)

Categories: Ragam

dialogpublik.com