Ribuan Personel siap Amankan Pilkades Kabupaten Bandung

SEBANYAK 1.144 personel siap mengamankan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Kabupaten Bandung, di 20 Oktober nanti.

Personel pengamanan itu, terdiri dari 700 unsur Polresta Bandung, 210 Polda Jabar dan 267 dari instansi

Hal itu ditegaskan Kapolresta Bandung, Kombes Pol Hendra Kurniawan, usai memimpin apel gelar pasukan Pilkades serentak 2021, di Dome Bale rame, Soreang Kabupaten Bandung, Senin (18/10/2021).

“Kekuatan ada sekitar 700- an ditambah nanti dari Brimob dan Sabara Polda Jabar, itu akan kita maksimalkan,” tambahnya.

Terkait keamanan jelas Hendra, pihaknya juga berkoordinasi dengan Kodim 0624 Kabupaten Bandung, agar wilayah yang sudah kondusif bisa dipertahankan.

Saat ditanya titik rawan Pilkades, dia menyebutkan, 49 desa yang menggelar pilkada jadi perhatian.

“Semua diperhatikan karena di desa itu tingkat kerawanannya tinggi, sebab langsung bersentuhan dengab masyarakatnya,” imbuhnya.

Dia menambahkan, karena Pilkada berlangsung di tengah pandemi, wajib melaksanakan prokes.

Rencananya hari ini (Selasa 19/10) atau sehari sebelum pelaksanaan, dilaksakan test antigen bagi petugas penyelenggara Pilkades.

Sementara, Bupati Bandung, Dadang Supriatna menjelaskan, Kabupaten Bandung siap menggelar Pilkades, di 49 desa, 24 kecamatan.

Capaian vaksin ungkapnya, sudah 60 persen, bahkan ada beberapa desa mencapai 70 persen lebih.

” Hasil evaluasi di kecamatan yang melaksanakan Pilkades, capaian vaksinnya sudah 60%, bahkan ada yang sampai 70%,” paparnya.

Dadang optimis, jika pilkades di Kabupaten Bandung berjalan kondusif, sebab persiapannya sudah matang.

“Forkopinda kompak Pilkades terlaksana dengan baik. Saya tenang, karena warga hingga 17 Oktober sudah tervaksin seluruhnya,” pungkasnya. (nk)

Categories: Regional,TNI/POLRI

dialogpublik.com