PTSL di 2024 Pemerintah Targetkan 70.000 Bidang

TARGET Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kabupaten Bandung pada tahun ini Pemerintah menargetkan 70.000 bidang.

Menurut Kepala Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Bandung, Rahmat A, di 2024 program PTSL akan dilaksanakan di 55 desa yang tersebar di 17 kecamatan.

“Ini luar biasa, untuk menunjang pembangunan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bandung,” jelasnya saat pelantikan dan pengambilan sunpah panitia ajudikasi dan satuan tugas PTSL di Soreang, Kamis (1/2/2024).

“Untuk itu Pak camat, Pak lurah dan Pak kepala desa yang dilantik sebagai panitia PTSL diharapkan bisa menyukseskannya,” sambung Rahmat.

Dia menegaskan, program PTSL bukan pekerjaan kecil, apalagi Menteri ATR/ BPN berpesan supaya memberi pelayanan yang baik kepada warga melalui pemerintah daerah dan desa.

“Tetapi, kita tidak bisa memberikan kepastian hak kepada masyarakat kalau tanahnya tidak clear and clean,” imbuhnya.

Untuk itu harapnya, para camat, kapala desa dan lurah yang wikayahnya masuk PTSL, bisa. menjamin hak kepemilikan tanah warganya yang ikut program tersebut.

“Dipermudah kalau memang mereka pemilik dan penguasaannya, itu harus dilengkapi surat menyuratny..Jika memang tidak bisa melengkapi, dampingi mereka. Ada kewenangan saya, Pak Bupati, Pak Camat , dan Pak Kades untuk membantu, ” ungkapnya.

Rahmat berharap, kepada para ketua tim bisa bekerja keras. “ASN jaman sekarang tidak lagi seperti dulu kita harus hadir di tengah masyarakat memberikan layanan yang terbaik, ” katanya. (nk)

dialogpublik.com