Pos Indonesia dan ULBI Luncurkan Program Beasiswa Ikatan Dinas bagi Talenta Unggul

POS  Indonesia dan Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) meluncurkan program beasiswa ikatan dinas bagi talenta unggul untuk ditempatkan sebagai pegawai Pos Indonesia.

Peluncuran program beasiswa ikatan dinas Pos Indonesia dilakukan di Kantor Pusat Pos Indonesia, Jalan Banda, Kota Bandung, Senin, (18/12/2023). Hadir Direktur Human Capital Management PT Pos Indonesia (Persero) Asih Kurniasari Komar, Rektor ULBI Dr. Prety Diawati, Ketua Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia (YPBPI) Dr. Kiagus M. Amran, SE., MM., perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, dan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, 52 ketua guru bimbingan konseling yang mewakili 177 SMA/SMK di Jawa Barat turut hadir. Sebelumnya, juga telah dilakukan sosialisasi program beasiswa ikatan dinas di Kantor Pos Regional Bandung.

Direktur Human Capital Management PT Pos Indonesia Asih Kurniasari Komar mengatakan, program ini menjadi momentum penting dalam menawarkan kesempatan kepada calon mahasiswa baru untuk bergabung dengan program beasiswa dan ikatan dinas Pos indonesia.

“Kami percaya program ikatan dinas ini akan menjadi landasan kokoh bagi para mahasiswa untuk mengembangkan potensi mereka dalam industri logistik, bisnis dan manajemen rantai pasok, serta berkontribusi secara langsung terhadap pengembangan Pos Indonesia,” ungkapnya.

Menurut dia, tersedia kuota 100 beasiswa untuk kedua program tersebut. Nantinya, mahasiswa peraih beasiswa akan diarahkan kepada jurusan sesuai kebutuhan Pos Indonesia.

Ketua Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia (YPBPI) Dr. Kiagus M. Amran, SE., MM., turut menyampaikan dukungan mereka terhadap inisiatif ini yang bertujuan untuk membuka peluang karir yang menarik bagi para generasi muda.

Kabid Guru Tenaga Kependidikan (GTK) Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Diah Restu Susanti, S.Pd., M.Pd., Ed.D mengungkapkan antusiasmenya terhadap program ini. Hal itu melihat pada kesempatan yang ditawarkan kepada para siswa untuk mengembangkan diri melalui program beasiswa dan ikatan dinas ini. Ini adalah langkah besar bagi masa depan mereka.

Rektor ULBI Dr. Prety Diawati, mengatakan, program ini menjadi tonggak bagi mahasiswa/i ULBI untuk meraih kesempatan menjadi bagian dari PT Pos Indonesia (Persero) melalui ikatan dinas yang telah dirancang dengan cermat.

Dalam upaya membangun kualitas sumber daya manusia yang unggul, ULI dan PT Pos Indonesia (Persero) terus berkomitmen untuk memberikan kesempatan sebesar-besarnya kepada generasi muda melalui program program yang inovatif.

Terdapat dua program utama beasiswa ikatan dinas ini, yaitu Program Khusus dan Beasiswa Ikatan Dinas Calon Pegawai dan Program Rekrutmen Ikatan Dinas PoslD: Khusus bagi mahasiswa aktif ULBI.

Peraih Program Khusus dan Beasiswa Ikatan Dinas Calon Pegawai akan mendapatkan beasiswa penuh (DPP + SPP) dari Semester Pertama hingga Lulus. Berlaku untuk pendaftar untuk Tahun Akademik 2024/2025. Kemudian telah lulus seleksi di salah satu jalur pendaftaran reguler (Undangan/Rapor/CBT/UTBK/Madiri). Serta, mengikuti tes seleksi khusus (TPA, Psikotes, Tes Kesehatan & Wawancara) dari PT Pos Indonesia (Persero).

Sedangkan Program Rekrutmen Ikatan Dinas PoslD, Khusus bagi mahasiswa aktif ULBI. Perekrutan dan Seleksi dilakukan pada Semester 5 untuk Program Diploma Il dan di Semester 7 untuk Program S1 Terapan atau S11 Strata-1. Peserta mengikuti tes seleksi khusus (TPA, Psikotes, Tes Kesehatan & Wawancara) dari PT Pos Indonesia (Persero).

ULB memiliki 16 Program Studi yang berada dalam 2 fakultas yaitu sekolah vokasi dan Fakultas Logistik, Teknologi dan Bisnis. Dengan integrasi 16 Program Studi yang mendukung bidang Logistik, Bisnis, dan Supply Chain Management, ULBI menjadi unik dan memberikan keunggulan kompetitif kepada para lulusan untuk bersaing di dunia kerja. Mahasiswa ULBI akan mendapatkan sertifikat kompetensi, bahasa Inggris, serta Microsoft Office.

Pilihan Prodi ULBI Fakultas Logistik, Teknologi dan Bisnis adalah S2 Manajemen Logistik, S1 Manajemen Logistik, S1 Manajemen Transportasi, S1 Manajemen Rekayasa, S1 Sains Data, S1 Bisnis Digital Sekolah Vokasi, D3 Manajemen Logistik, D3 Manajemen Bisnis, D3 Manajemen Informatika, D3 Teknik Informatika, D3 Akuntansi, S1 Terapan Logistik Bisnis, S1 Terapan Manajemen Bisnis, S1 Terapan Teknik Informatika, SI Terapan Akuntansi Keuangan, dan S1 Terapan E-Commerce Logistics.

Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) program beasiswa dan ikatan dinas PT Pos Indonesia (Persero) dibuka mulai tanggal 18 Desember 2023 hingga 29 Februari 2024, Tes Seleksi pada 10 Maret — 10 April 2024 dan Pengumuman Seleksi pada 20 April 2024. dapat diakses di https://admission.ulbi.ac.id.(*)

dialogpublik.com