Pj Wali Kota Minta Diskar PB Kota Bandung Antisipasi dan Mitigasi Bencana

SAAT ini Kota Bandung memasuki fase musim penghujan yang dipengaruhi oleh fenomena El Nino. Intensitas hujan terus meningkat.

Untuk itu Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono meminta Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung untuk mempersiapkan langkah-langkah penanggulangan bencana.

“Kita harus melakukan langkah-langkah mitigasi yang perlu dilakukan. Selain kita melakukan tanggap darurat dan cepat. Kita harus bisa melangkah satu langkah di antaranya antisipasi dan mitigasi,” kata Bambang di kantor Diskar PB Kota Bandung, Senin 19 Februari 2024.

Saat ini, kata Bambang, intensitas hujan cukup tinggi melebihi dari kondisi normal akibat fenomena El Nino. Ada kekhawatiran psikologis masyarakat khawatir terkait bencana seperti pohon tumbang, banjir, termasuk longsor dan kebakaran.

Maka penting bagi Diskar PB untuk melakukan langkah-langkah antisipatif. Selain itu, Diskar PB juga perlu melakukan analisis penyebab dan upaya penanggulangan bencana.

“Harus lakukan upaya-upaya selain kita melakukan tanggap darurat kita juga harus mampu menganalisis faktor penyebabnya,” ujarnya.

Menurutnya, upaya antisipasi dan mitigasi tidak hanya harus dilakukan oleh Diskar PB tapi harus dilakukan oleh sektor lain.

“Ini menjadi penting dalam upaya antisipasi dan penanggulangan bencana,” ujarnya.

Bambang pun memberikan apresiasi setinggi-tingginya bagi semua petugas Diskar PB yang telah berjuang maksimal memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Sekali lagi saya sampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kerja kerasnya. Tetap semangat teman-teman untuk bisa melaksanakan tugas pokok dan fungsi serta pelayanan kepada masyarakat yang maksimal dari Diskar PB,” kata dia. (rob).

dialogpublik.com