Peringati HUT TNI Ke-74, Persit KCK PD III/Siliwangi Adakan Pemeriksaan IVA

PERSIT Kartika Chandra Kirana (KCK) PD III/Siliwangi menggelar bakti sosial dengan mengadakan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) bertempat di Aula Kesdam III/Siliwangi Jalan Ambon No. 7 Bandung, Senin (16/9/2019).

Pemeriksaan IVA tersebut diikuti 200 orang anggota Prajurit Kowad, PNS wanita, Persit Kartika Chandra Kirana, Pia Ardyagarini dan Jala Senastri yang tergabung di wilayah Kodam III/Siliwangi.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT TNI ke-74 dan pemeriksaan ini juga dengan tujuan untuk membantu Prajurit Kowad dan PNS Wanita Kodam III/Siliwangi melakukan pencegahan secara dini terhadap kemungkinan terjadinya IVA.

Kanker Serviks merupakan salah satu jenis kanker yang diakibatkan oleh pertumbuhan abnormal sel-sel di leher Rahim yang mengakibatkan pertumbuhan tumor.

Menurut laporan Global Canser Observatory kata Wakil Ketua Persit KCK PD III/Siliwangi Ny. Popit Djati sekaligus mewakili Ketua Persit KCK Daerah III/Siliwangi Ny. Wiwik Tri Soewandono menyampaikan, ” ditahun 2018, terdapat 32.469 kasus pertahun Kanker Serviks di Indonesia, dengan angka kematian mencapai 18.279 orang “.

” Kanker Serviks juga merupakan kanker kedua terbanyak di Indonesia yang menyerang perempuan. Ironisnya, 80 % dari penderita Kanker Serviks datang dalam stadium lanjut dan 95 % pasien dari kasus tersebut meninggal dalam 2 tahun, ” urainya.

Oleh karena itu lanjut Ny. Wiwik Tri Soewandono, ” pendektesian Kanker Serviks secara dini harus dilakukan oleh setiap wanita. Dengan melakukan deteksi Kanker Serviks secara dini, sel kanker yang diketahui akan ditindak lanjuti dan lebih kemungkinan untuk sembuh lebih banyak “.

” Untuk mengetahui dan mendektesi kanker serviks, dilakukan melalui metode Papsmear ataupun melalui metode Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) seperti yang kita lakukan hari ini, ” pungkas Ny. Tri Soewandono. (Sus/DP).

Categories: TNI/POLRI

dialogpublik.com