Pemkot Cimahi Mulai Revitalisasi Stadion Sangkuriang

PEMKOT Cimahi melalui Dinas Budaya, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi mulai revitalisasi Stadion Sangkuriang Cimahi. Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi Let. Kol. (Purn) Ngatiyana melakukan Ground Breaking Ceremony atau Peresmian Pembangunan sebagai tanda dimulainya proses revitalisasi Stadion Sangkuriang Cimahi, Jumat (12/8/2022).

Stadion Sangkuriang Cimahi yang dibangun pada 28 Agustus 1974 merupakan kebanggaan masyarakat Kota Cimahi dan menjadi salah satu icon Kota Cimahi. Namun, selama beberapa tahun ke belakang kondisinya cukup memprihatinkan dan kurang terawat, sehingga tidak dapat digunakan secara semestinya untuk penyelenggaraan suatu kompetisi sepakbola.

Ngatiyana mengakui tidak maksimalnya pemeliharaan yang dilakukan mengakibatkan kondisi Stadion Sangkuriang Cimahi semakin mengkhawatirkan sehingga tidak pernah digunakan lagi untuk menggelar kompetisi atau pertandingan resmi.

Upaya untuk merevitalisasi dan mengembalikan citra Station Sangkuriang Cimahi telah dilakukan sejak tahun 2018. Sesuai dengan Detailed Engineering Design (DED), revitaliasi Stadion Sangkuriang Cimahi semestinya dilakukan pada tahun 2021 melalui bantuan provinsi yang bersumber dari dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) namun pada pelaksanaannya belum dapat direalisasikan dikarenakan kegagalan pada proses tender konstruksi sehingga dijadwalkan kembali pada tahun 2022.

Ngatiyana menyebutkan revitalisasi Stadion Sangkuriang Cimahi akan dititikberatkan pada fungsi agar Stadion Sangkuriang segera bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Cimahi, “Revitalisasi ini akan menitikberatkan pada fungsi stadion, ruang lingkup pekerjaannya berfokus pada pembangunan lapangan sepakbola dan pagar pembatas lapangan,” ungkapnya.

Pengerjaan revitalisasi Stadion Sangkuriang Cimahi tahun 2022 akan dipegang oleh CV. Sinar Agam Lestari dengan anggaran pelaksanaan sebesar RP5.550.000.000 yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cimahi.

Revitalisasi ini direncanakan akan dilaksanakan selama 140 hari, mulai dari tanggal 28 Juli 2022 sampai dengan tanggal 15 Desember 2022. Diharapkan pada tahun 2023 Stadion Sangkuriang Cimahi sudah dapat digunakan untuk menggelar pertandingan sepakbola.

Ngatiyana berharap untuk ke depannya revitalisasi Stadion Sangkuriang Cimahi dapat dilaksanakan secara berkelanjutan sampai dengan terbangunnya Stadion Sangkuriang Cimahi yang sesuai dengan perencanaan sebelumnya sehingga dapat menjadi kebanggaan kembali masyarakat Kota Cimahi.

“Semoga dengan revitalisasi Stadion Sangkuring ini dapat memajukan kembali persepakbolaan di Kota Cimahi, dapat kembali mejadi stadion kebangaan bagi masyarakat Kota Cimahi dan memberi manfaat untuk masyarakat Kota Cimahi,” harapnya.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua DPRD Kota Cimahi, Kapolres Kota Cimahi, Dandim 0609, Kepala Pengadilan Negeri Bale Bandung, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Cimahi, Sekretaris Daerah Kota Cimahi, Asisten Pemerintahan, Ketua KONI Kota Cimahi, Kepala Dinas Budaya, Pemuda dan Olahraga Kota Cimahi, Camat Cimahi Tengah dan Utara, Lurah Padasuka dan Cipageran, Ketua Askot Kota Cimahi, Ketua KNPI Kota Cimahi serta Direktur CV. Sinar Agam Lestari. (Bidang IKPS/Dy/Tedi)

dialogpublik.com