Pemkot Cimahi Luncurkan Mobil Wisata SAKOCI

Pemerintah Kota Cimahi secara resmi meluncurkan Mobil Wisata SAKOCI (Saba Kota Cimahi), Minggu (3/3/2019). Kehadiran Mobil Wisata Sakoci diharapkan memberikan pelayanan bagi wisatawan baik lokal maupun internasional yang ingin berkeliling dan singgah di tempat-tempat bersejarah untuk makin mengenalkan sejarah Kota Cimahi.

Peresmian ditandai dengan pemecahan kendi oleh Wali Kota Cimahi, Ir. H. Ajay M. Priatna, MM di lokasi Car Free Day (CFD) Kota Cimahi, Jl. Rd. Demang Hardjakusumah. Walikota juga langsung mengendarai bus Sakoci dan membawa penumpang berkeliling sejumlah ruas jalan.

Sakoci memiliki desain khas bus wisata dengan jendela terbuka dengan bagian belakang terbuka lebar untuk mengoptimalkan pandangan selama perjalanan.

Wali Kota Cimahi Ajay M. Priatna mengatakan, dengan adanya peluncuran bus membuat kegiatan CFD lebih istimewa.

“Car Free Day kali ini lebih istimewa karena berbarengan dengan peluncuran Sakoci sebagai sarana yang bisa digunakan masyarakat umum untuk mengunjungi tempat bersejarah di Kota Cimahi,” ujarnya.

Bus Sakoci merupakan hibah dari Pemprov. Jabar hasil CSR. Memiliki bangku untuk 24 penumpang serta dilengkapi fasilitas sound system, tv, dan tour guide. Warnanya dominan hijau tua, identik dengan Cimahi sebagai Kota Militer.

Dengan adanya peluncuran bus Sakoci ini, kata dia, diharapkan tempat-tempat wisata yang ada di Kota Cimahi bisa semakin dikenal masyarakat luas. “Sebab, bus ini sebagai penunjang Wisata Military Tourism unggulan Kota Cimahi,” ungkapnya.

Diharapkan, masyarakat semakin tahu bahwa di Kota Cimahi banyak terdapat gedung heritage yang unik. Rute yang diambil untuk wisatawan yang naik Sacoci, diantaranya, Kampung Adat Cireundeu, Makam Kerkof, Gedung Cimahi Technopark, Pusdik Armed, Penjara Poncol, dan ke tempat bersejarah lainnya.(Tedi/ Hms)

dialogpublik.com