Pemkot Cimahi Gelar Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke 59

PEMERINTAH Daerah Kota Cimahi melalui Dinas Kesehatan Kota Cimahi menyelenggarakan kegiatan Milangkala  Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 59  Tahun 2023 bertempat di Cimahi Technopark Kota  Cimahi pada Rabu (29/11/2023). Hari Kesehatan Nasional (HKN) secara rutin diperingati setiap tanggal 12 November tiap tahunnya, dan pada HKN yang ke 59 ini mengambil tema Transformasi kesehatan untuk Indonesia maju”.

Dalam sambutannya Pj. Wali Kota Cimahi Dicky Saromi yang hadir membuka secara resmi  acara milangkala ini menyampaikan bahwa  Kesehatan adalah hak asasi setiap individu yang harus dijaga dan diperjuangkan bersama. Pemerintah Kota Cimahi tidak akan mampu melakukannya sendiri. Dibutuhkan sinergi dan kolaborasi yang erat antara pemerintah daerah, pemangku kepentingan dan seluruh elemen masyarakat dalam ikhtiar peningkatan derajat kesehatan demi mewujudkan masyarakat cimahi yang produktif yang mendukung peningkatan  pertumbuhan ekonomi kota karena dapat berkontribusi secara maksimal dalam berbagai sektor.

Saat ini Bidang kesehatan sedang gencar melakukan pencegahan dan deteksi dini berbagai masalah kesehatan dan penyakit, baik fisik maupun jiwa. Selain itu ada upaya melengkapi SDM kesehatan, melatih kader posyandu sesuai standar keterampilan agar dapat menjangkau dan mengedukasi seluruh lapisan masyarakat. Pilar transformasi kesehatan lainnya yaitu kemudahan akses layanan kesehatan bagi masyarakat Kota Cimahi, sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan yang bermutu dan berkualitas.

“Transformasi kesehatan tidak dapat diwujudkan tanpa transformasi budaya kerja para insan kesehatan.  Saya berharap seluruh insan kesehatan dapat bergerak mewujudkan birokrasi yang akuntabel, lincah, profesional, kompeten, jujur, selaras dalam mengawal dan menyukseskan transformasi kesehatan” tandasnya

Diakhir sambutannya Dicky menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada segenap profesional dan insan kesehatan serta seluruh pihak pendukung lainnya yang telah bahu membahu berjuang tanpa mengenal lelah dalam melaksanakan pembangunan kesehatan di Kota Cimahi.

“Saya mengajak seluruh masyarakat Kota Cimahi untuk turut membangun kesehatan dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar kita. Mari kita bangun bersama tubuh dan jiwa yang sehat dan kuat, demi indonesia emas 2045” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi Mulyati, dalam laporannya menyebutkan bahwa  tujuan  dari  kegiatan  Milangkala  Hari  Kesehatan  Nasional  ke 59 ini adalah untuk 1) Mendorong program kemitraan antara dinas kesehatan, rumah sakit, mitra swasta, organisasi/profesi, pihak lainnya dan masyarakat untuk mendukung transformasi kesehatan, 2) Mendorong promosi gaya hidup sehat di kota cimahi pada setiap siklus hidup melalui kolaborasi lintas sektor untuk mewujudkan indonesia lebih sehat, 3) Meningkatkan kesadaran, pengetahuan, kewaspadaan tentang isu kesehatan dan mengingatkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan, dan 4) Mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

Milangkala Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 59 dihadiri oleh  Kepala Rumah Sakit se-Kota Cimahi, Kepala Puskesmas se-Kota Cimahi,  Ketua Institusi Pendidikan se-Kota Cimahi, Ketua Organisasi Profesi se-Kota Cimahi, Ketua PMI Kota Cimahi, Ketua PPTI Kota Cimahi, Ketua YKI Kota Cimahi, PKK dan Kepala atau perwakilan OPD dilingkungan Pemerintah Daerah Kota Cimahi.  (Bidang IKPS/SEP/Tedi)

dialogpublik.com