Pemkot Bandung Berpeluang Raih Opini WTP

HARAPAN Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meraih penilaian opini Wajar Tanpa Pengecualian ‎(WTP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) semakin terbuka. Hal itu karena upaya Pemkot Bandung memperbaiki sejumlah persoalan yang menjadi pengecualian.

Bahkan, Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Barat‎, Arman Syifa meyakini, Pemkot Bandung mampu menutupi kekurangan dari penilaian yang selama ini kerap menjadi sandungan yang menyebabkan hanya mendapatkan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

“Pada saat kita bahas Kota Bandung berbeda dengan daerah lain. Memang tingkat kesulitannya sangat besar dan kompleks. Tetapi kami optimis bukan sesuatu yang mustahil untuk bisa diselesaikan,” ucap Arman saat menerima Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Bandung Tahun 2018 di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Barat, Jalan Moch. Toha, Bandung, Kamis (28/3/2019).

Arman menerima langsung LKPD Pemkot Bandung dari Wali Kota Bandung, Oded Muhammad Danial. Saat itu Oded didampingi Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna.

Arman sangat mengapresiasi keinginan kuat Pemkot Bandung untuk mengejar opini WTP di tahun ini. Pasalnya, dia mendapat banyak informasi, Pemkot Bandung begitu serius dan berusaha keras memperbaiki kekurangannya.

“Beberapa kali kami mendengar sudah melakukan pendampingan‎, menunjukan komitmen besar. Mudah-mudahan hasilnya sesuai,” ujarnya.

‎Lebih lanjut Arman mengungkapkan, masih tersedia cukup waktu bagi Pemkot Bandung apabila ingin memperbaiki sampai penilaian secara keseluruhan rampung dilaksanakan. Apalagi jika ada perkembangan terbaru ataupun berdasarkan hasil koreksi dari BPK.

“Masih ada waktu kurang lebih dua bulan ke depan dari catatan yang kami berikan itu mohon diperhatikan. Bisa berubah karena koreksi audit ataupun koreksi dari Pemkot Bandung karena menemukan data baru di lapangan,” terangnya.

Sementara itu, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menaruh harapan besar upaya perbaikan ini membuahkan hasil positif. Sehingga, di tahun pertamanya memimpin Kota Bandung meraih WTP bisa terwujud.

Oleh karena itu, Oded mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara ‎(ASN) Pemkot Bandung untuk semakin menguatkan komitmennya agar bekerja ekstra keras untuk mewujudkan opini WTP.

“Pesan saya kepada teman-teman ASN Kota Bandung, kita harus lebih semangat daripada daerah lain. Karena kita harus mengejar ketinggalan dari kota-kota lain,” kata Oded.(DP)

 

Categories: Pemerintahan

dialogpublik.com