Pemkot Bandung akan Gelar Pameran Produk Koperasi dan UMKM

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Bandung akan menggelar Pameran Produk Koperasi dan UMKM di Bandung Indah Plaza pada 19-21 Agustus 2022 mendatang.

Pameran Produk Koperasi dan UMKM merupakan rangkaian peringatan ke-75 Hari Koperasi (Harkop) tingkat Kota Bandung Tahun 2022.

Pameran tersebut akan diisi 60 Koperasi dan UMKM se-Kota Bandung serta memamerkan berbagai produk mulai dari kuliner, kriya, hingga fesyen.

“Kita sudah siapkan 35 Tenant yang akan diisi oleh 60 pelaku koperasi dan UMKM se-Kota Bandung yang akan menampilkan berbagai produk,” kata Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) Kota Bandung, Atet Dedi Handiman kepada Humas Kota Bandung, Sabtu 13 Agustus 2022.

Koperasi yang hadir mengisi tenant nanti, kata Atet, merupakan Koperasi yang menjadi bagian dari program prioritas Kota Bandung, yaitu Koperasi Juara dan Koperasi Tempat Ibadah.

“Alhamdulillah koperasi juara dan koperasi tempat ibadah telah ada di 28 kecamatan di Kota Bandung. Kita akan terus angkat mereka bagaimana pengaruh koperasi tersebut terhadap perekonomian masyarakat khususnya di sekitar umumnya di kota Bandung,” ujarnya.

Selain itu, akan ada tempat khusus pemberdayaan perempuan yang diinisiasi oleh Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Bandung.

“Di situ ada khusus pemberdayaan perempuan usaha perempuan ada produk-produk hasil pemberdayaan yang nanti akan diisi oleh PKK,” katanya.

Tahun ini, ujar Atet, peringatan Harkop mengusung tema Adaptasi Koperasi Diera Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 Menuju Koperasi Modern.

“Itu artinya Koperasi di usia yang ke-75 harus beradaptasi dan menyesuaikan pola pikir terhadap perkembangan teknologi dalam melakukan aktifitas bisnis dan perkembangan sosial masyarakat yang sudah menyatu dengan teknologi. Karena jika tidak koperasi hanya akan mengalami penuaan,” ujarnya.

Puncak peringatan Harkop akan digelar Jumat 19 Agustus 2022 mendatang di Hotel Arya Duta Kota Bandung dan akan dibuka langsung oleh Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.

Selain pameran, akan ada pula penyerahan penghargaan Koperasi berprestasi tingkat Kota Bandung, fasilitasi badan hukum bagi operasi di tempat ibadah, izin usaha simpan pinjam, nomor induk berusaha, penyerahan pinjaman LPDB dan penandatangan dana talang pembelian tanah bagi Masjid Al-Falah dari KSP Kebal.

“KSP Kebal merupakan salah satu contoh koperasi tempat ibadah yang pengelolaannya baik dan memberikan kesejahteraan dan pemberdayaan kepada masyarakat, dan ini yang akan kita angkat juga,” kata dia.

Atet pun beharap dengan adanya peringatan Harkop Tahun 2022, masyarakat akan lebih meningkatkan minat masyarakat terhadap koperasi. Selain itu, koperasi juga akan terus meningkatkan dari kuantitas dan kualitas.

“Semoga minat masyarakat terhadap koperasi meningkatkan, sehingga koperasi semakin banyak dan semakin berkualitas,” katanya.

Acara peringatan Harkop Tahun 2022 akan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Diskominfo Kota Bandung dan Zoom Meeting. (rob).

dialogpublik.com