Pemkab Bandung Targetkan Wistara Tahun Depan

PEMKAB Bandung menargetkan, untuk meraih penghargaan Swasti Saba dengan predikat Wistara pada tahun 2023.

Swasti Saba merupakan penghargaan dari pemerintah pusat kepada kota/ kabupaten yang mampu menjadikan wilayahnya sehat dan bersih.

“Saya minta semuanya kompak dan fokus untuk mewujudkan Kabupaten Bandung sehat dari berbagai tatanan, seperti sarana prasarana, masyarakat sehat mandiri, pariwisata dan lalu lintas,” ujarnya, saat menghadiri kegiatan Forum Kota/Kabupaten Sehat (FKKS) atau Healthy Cities Summit di Semarang , Senin (28/3/2022).

Dadang menegaskan, pihaknya akan mendorong seluruh perangkat daera, masyarakat dan Forum Kabupaten Bandung Sehat (FKBS) untuk bersinergi meraih penghargaan penghargaan tersebut.

Sementara Pembina FKBS, Marlan menerangkan, Healthy Cities Summit dilaksanakan mulai dari 27 hingga 30 Maret 2021, di antaranya mengevaluasi pelaksanaan kabupaten/kota sehat di Indonesia.

“Hampir 514 kabupaten/kota di Indonesia berkumpul mengikuti kegiatan ini. Terdapat beberapa daerah yang implementasinya sudah maju, sehingga bisa kita jadikan bahan evaluasi,” paparnya.

Guna menghadapi penilaian KKS di 2023, menurut Marlan, Pemkab Bandung terus berupaya menekan angka Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

“ODF kita sudah di angka 71 persen, sedangkan untuk Wistara harus 100 persen. Insya Allah dengan kolaborasi yang terjalin dari semua pihak, Kabupaten Bandung bisa bebas dari BABS. Karena ini adalah salah satu persyaratan Wistara,” terangnya.

Sedangkan Ketua FKBS Kabupaten Bandung Emma Dety Dadang Supriatna berkomitmen akan meningkatkan predikat Padapa ke Wistara.

“Tidak semata hanya meraih predikat wistara, tapi yang terpenting bagaimana masyarakat Kabupaten Bandung Sehat bisa terwujud sepenuhnya,” pungkasnya. (nk)

dialogpublik.com