Pelari Nasional Adu Cepat Open Trail Run di Lereng Gunung Ciremai

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kuningan gelar Open Trail Run Pelari Tangguh 2022 di Obyek Wisata Alam Lempong Balong, Blok Palutungan, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur. Minggu (18/9/2022).

Kepala BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana sekaku ketua panitia disela-sela lomba mengatakan, Open Trail Run ini diikuti puluhan peserta, tidak hanya dari Kabupaten Kuningan bahkan dari luar daerah selerti, Jabodetabek, Provinsi Jawa Tengah, dan Provinsi Jawa Timur.

“Alhamdulillah ada 85 pelari yang ikut dari berbagai profesi termasuk pelari profesional juga ikut. Sekitar 60 persen dari luar Kabupaten Kuningan,” terang IBe sapaan akrabnya.

Indra Bayu Permana menjelaskan Pelaksanaan lomba ini bertujuan dalam upaya optimalisasi kegiatan olahraga dan membudayakan olahraga, meningkatkan kualitas SDM Indonesia yang sehat dan bugar uhar IBe yang kapasitasnya sebagai ketua panitia.

Diharapkan melalui kegiatan ini, selain optimalisasi pengenalan olahraga tantangan dan rekreasi,” sekaligus menjaring atlet unggulan, menunjang pariwisata dan sport tourism serta mendongkrak perekonomian umum di sekitar tempat penyelenggaraan lomba. Lomba lari di lereng Gunung Ciremai ini terbagi ke dalam 2 kelas yakni 20 kilometer dan 6 kilometer.

“Sementara itu, peserta termuda asal Majalengka, anak kembar Rainel dan Raibel pelajar SD usia 10 tahun tampil sebagai peserta. Keduanya adalah keturunan dari Kuningan,” ujar IBe.

Meski tidak meraih juara, sambung IBe kedua anak itu menempati urutan ke-20 dari 59 peserta kelas 6 kilometer.

“Rainel dan Raibel sudah 30 kali lari gunung, jika di Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) mungkin sudah belasan kali. Dan itu sangat potensial untuk menjadi atlet trail run,” jelasnya

Terlihat meski baru pertama kali diselenggarakan, Trail Run yang digelar BPBD Kuningan kalu pertama ini, mendapat banyak dukungan baik dari unsur pemerintah, BUMD maupun dari pihak swasta. IBe berharap Trail Run dapat di gelar secara rutin dan menjadi agenda tahunan.

Peserta yang tampil di podium sebagai juara yaitu, kategori 20 Km putra, juara 1 diraih Arief Wismoyono (catatan waktu 1:57:16), juara 2, Sobiri Haerudin (2:02:23) dan juara 3 Daniel Lubis Jensen (2:18:56).

Sedangkan untuk kelas 20 Km putri, juara 1 Afhni Noviana (3:07:15), kedua, Andika Anindhita (3: 50:58) dan Rianti Widyakasih (DNS). Rianti tidak berhasil mencapai finish sehingga juara untuk 20 Km putri ini hanya ada 2 atlet.

Sementara kategori 6 Km putra, juara 1 diraih Muhammad Fahri Zulhami (0:32:31), diikuti Robet Imansyah (0:34:10) dan Rian Hardiyana (0:37:17) di posisi ketiga.

Sedangkan kategori 6 Km putri, diraih oleh Habibah Sifa Fauziah (0:47:15), dan Dipa Triandinj (1:05:07) masing-masing sebagai sebagai posisi kedua dan juara ketiga diraih Desi Rahayuningsih.

Para pemenang selain mendapat trophy dan piagam penghargaan, juga menerima uang oembibaan. (H. WAWAN JR)

dialogpublik.com