Pelantikan 3 Forum Bersama Menjaga Bangsa, Bersinergi Membangun Negeri

KEHADIRAN Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), berkontribusi terhadap kerukunan dan kondusifitas di Kabupaten Kuningan, dalam mewujudkan berbagai program pembangunan.

Hal ini disampaikan Bupati Kuningan H Acep Purnama, saat melantik pengurus FPK, FKUB dan FKDM Kabupaten Kuningan periode 2022-2027 di gedung pendopo Kuningan,Jumat (7/10/2022).

Bupati Acep atas nama Pemkab Kuningan mengucapkan selamat atas dikukuhkannya FKUB, FPK, dan FKDM ini, Ketiga forum yang dikukuhkan ini sangat potensial, terdiri lintas profesi, politikus, pemuka agama, dan pemuka adat. Dalam keberagaman, ketiga forum dapat merumuskan program-program sesuai visi misi Pemerintah Kab. Kuningan.

Pembaruan dan kewaspadaan lanjut Acep, akan memberikan resultan sebuah ketertiban. Ketertiban tak pelak lagi telah menjadi pilar pembangunan daerah yang kokoh. Dan Jika tidak ada ketertiban, maka dapat dipastikan stabilitas tidak akan tercapai.

Pembentukan forum ini ujar Acep, mencerminkan keterwakilan dari seluruh unsur masyarakat dalam satu kesatuan NKRI di bumi Kabupaten Kuningan yang kita cintai.

Ketiga forum itu di dalamnya terdapat unsur etnis, agama, suku bangsa dan adat budaya untuk mengawal Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Mari kita pertahankan kebersamaan dan kondusifitas daerah agar pembangunan di Kabupaten Kuningan dapat kita capai,” harap Bupati Acep.

Terpisah, Kepala Badan Kesbangpol Kuningan, DR H Budi Alimudin,M.Si menjelaskan, terbentuknya ketiga forum (FPK, FKDM, FKUB) memiliki nilai sangat strategis. Pelantikan pengurus dengan tema “Bersama Menjaga Bangsa Sinergi Membangun Negeri”, diharapkan dapat terbentuknya toleransi beragama di Kuningan dan terbangunnya rasa nasionalisme kebangsaan yang sama dengan berbagai perbedaan etnis, agama, suku bangsa dan adat budaya.

“Mari kita rawat rumah kita, rumah Pancasila,” kata Budi didampingi Kasub Koordinasi Ketahanan Sosial, Ekonomi, Seni Budaya, Agama dan Kepercayaan.

Sementara itu, ketiga ketua forum yang dilantik yaitu, Ketua FPK Yunus Suparman,SE, Ketua FKUB DR H Fenny Rahman, HS MPd dan Ketua FKDM H Kie Kie Dha.

Hadir Wabup HM Ridho Suganda, Sekda DR H Dian RY, Forkopimda Dandim 0615, Kajari, Ketua PN, Kapolres, dan jajaran Bakesbangpol Kuningan. (H WAWAN JR)

dialogpublik.com