PBB Kab. Bandung Lampaui Target, Bupati : Kesadaran WP Masih Rendah

MESKIPUN pendapatan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) melampaui, tetapi Bupati Bandung, Dadang Supriatna menegaskan, kesadaran wajib pajak (WP) untuk bayar pajak masih rendah.

Di 2021 Pemkab Bandung mentargetkan pendapatan dari PBB sekitar Rp 105 miliar tercapai Rp 121 miliar lebih atau sekitar 116,09 persen.

“Saya apresiasi dengan jumlah WP 1 juta lebih, pendapatan PBB surplus Rp 16 miliar lebih,” jelas Dadang dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Bapenda Kab Bandung, Ernawan Kusuma pada sosialisasi SOP penyampaian SPPT PBB P2 di Soreang, Selasa (15/3/2022).

” Tetapi kita butuh inovasi atau terobosan yang tidak hanya meningkatkan kesadaran WP, namun juga untuk capaian target dan manfaatnya bagi pembangunan,” tambahnya.

Dadang menjelaskan, membagun masyrakat sadar pajak bergantung pada intelektualitas, serta kecintaannya terhadap daerah.

Dia mengungkapkan, Pemkab Bandung memberikan perhatian serius pada PBB, dengan memberi layanan secara online, menambah bank tempat pembayaran dan lain- lain.

Selain itu imbaunya, Bapenda Kab.Bandung untuk mereformasi penyerapan PBB dengan menyemangati kecamatan atau kelurahan agar bedas dalam memungut PBB.

Dia juga berharap, warga kabupaten Bandung akan menjadi warga cerdas, sadar akan hak dan kewajibannya, membayar pajak bukan lagi hal yang menakutkan, melainkan satu kebanggaan sebagai warga negara yang baik dan taat pajak. (nk)

dialogpublik.com