Pasangan Pengantin Langsung Rubah Status Dapat KK dan KTP Terbaru

WAKIL Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M.Si, menjadi saksi pernikahan pasangan Gina Lusiyuliani dan Helmi Ginardi, Minggu (3/7/2022) pagi, divkediaman mempelai wanita, Desa Peusing, Kecamatan Jalaksana Kuningan, Minggu (3/7/2022).

Pernikahan soecial ini dihadiri Kepala Disdukcapil Kab. Kuningan Drs. Yudi Nugraha, M.Pd, Kepala DPMPTSP Drs. Agus Sadeli, M.Pd, Wakil ketua DPD Partai Golkar Kuningan H. Dudy Pamuji, SE., M,Si, serta undangan lainnya.

Selepas prosesi akad nikah, Wabup Ridho menyerahkan administrasi kependudukan (Adminduk) berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP-el) dan Kartu Keluarga (KK) kepada pasangan pengantin yang mengalami perubahan status.

“Alhamdulillah, sekarang ada yang berbeda pada acara pernikahan. Dimana pasangan pengantin bisa langsung mendapatkan administrasi kependudukan baru setelah adanya perubahan status, dari lajang menjadi menikah dan berkeluarga. Ini hasil inovasi dari Disdukcapil melalui program PADUKA (Pelayanan Administrasi Kependudukan Usai Perkawinan),” ucap Ridho.

Program PADUKA merupakan bentuk layanan terpadu administrasi kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuningan kepada masyarakat, berupa perubahan data status perkawinan dan penerbitan KTP Elektronik dan Kartu Keluarga serta buku nikah setelah perkawinan.

Program PADUKA, bertujuan memberikan pelayanan prima dengan mempermudah dan mempercepat proses perubahan data pada dokumen kependudukan dengan sasaran untuk masyarakat setelah melangsungkan perkawinan (langsung mendapat buku nikah, KTP-el, dan KK).

Terpisah, Kepala Disdukcapil Kabupaten Kuningan Drs Yudi Nugraha, M.Pd, menjelaskan, program PADUKA ini sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama saat mengurus Perkawinan sehingga akan meningkatkan kesadaran dan kebahagiaan masyarakat tentang pengurusan Adminduk, Memudahkan KUA dalam proses verifikasi dan validasi data Pasangan Calon Pengantin, Perubahan data kependudukan akan diproses lebih cepat dan mudah sehingga data lebih akurat dan up to date (Status Kawin dan Alamat), dan Efisiensi waktu karena masyarakat langsung mendapat Buku Nikah, KK dan KTP-el dengan status terbaru. (H WAWAN YR)

dialogpublik.com