Pangdam Siliwangi Apresiasi Jambore Pramuka Saka Wira Kartika

PANGDAM III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P., didampingi Ketua Yayasan Kartika Jaya Cabang XIX/Siliwangi Ny. Mia Kunto Arief Wibowo menghadiri acara “Api Unggun” dalam rangkaian Jambore Pramuka Saka Wira Kartika, bertempat di Secaba Rindam III/Siliwangi Jl. Sindanglaya Bihbul Kab. Bandung, Rabu (10/08/2022) malam.

Demikian disampaikan Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) III/Slw Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto melalui saluran seluler, Kamis (11/08/2022) pagi.

Lanjut dikatakannya, prosesi pelaksanaan “Api Unggun” diawali tim pembawa obor membagikan api diikuti pembacaan Dasa Darma Pramuka, kemudian tim pembawa obor menyalakan api unggun secara bersama-sama. Acara dilanjutkan dengan penampilan bela diri Wushu dan Pencak Silat serta tarian daerah dan Nasional oleh peserta Jambore.

Dalam kesempatan itu, Pangdam III/Slw memberikan apresiasi atas kreatifitas dan keterampilan peserta Jambore Pramuka Saka Wira Kartika Kodam III/Siliwangi yang ditampilkan di acara “Api Unggun” tersebut.

Pangdam pun merasa bangga sekaligus mensupport kepada para pelajar yang telah menjadi anggota Pramuka serta bergabung dengan Pramuka Saka Wira Kartika Kodam III/Siliwangi.

“Saya berharap mudah-mudahan kehadiran kalian sebagai anggota Pramuka Saka Wira Kartika Kodam III/Siliwangi mampu membentuk kalian menjadi generasi penurus bangsa yang unggul, bermental tangguh, berkarakter, kreatif dan memiliki semangat cinta tanah air serta tekad untuk rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara,” harap Pangdam.

Sementara itu di tempat yang sama, Ketua Yayasan Kartika Jaya Cabang XIX/Siliwangi menyampaikan bahwa kegiatan Jambore Saka Wira Kartika digelar dalam rangka HUT Yayasan Kartika Jaya ke 55, selain itu juga merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT Pramuka yang jatuh pada tanggal 14 Agustus.

Ketua Yayasan Kartika Jaya Cabang XIX/Siliwangi berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mencetak generasi muda yang berkarakter serta memiliki kepribadian yang baik. Ketua Yayasan juga berpesan kepada seluruh siswa di Indonesia agar mengikuti kegiatan Pramuka untuk menambah wawasan, pengetahuan dan keterampilan.

Kapendam menambahkan, kegiatan “Api Unggun” yang dilakukan peserta Jambore Pramuka Saka Wira Kartika Kodam III/Siliwangi yang berlangsung tadi malam, mengandung makna yang mendalam, yaitu api yang berkobar menyala menggambarkan semangat yang membara, panasnya api unggun memiliki makna kekuatan, sementara cahaya memiliki makna petunjuk persaudaraan dan persatuan. (Pen).

dialogpublik.com