Ngatiyana : Warga Untuk Tetap Waspada dan Disiplin Menerapkan Protokol Kesehatan

PELAKSANA Tugas (Plt) Wali Kota Cimahi Ngatiyana meminta warga Kota Cimahi untuk tetap waspada dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Sebab, virus korona masih mewabah meskipun ada penurunan kasus.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Cimahi, jumlah warga Kota Cimahi yang masih terinfeksi Covid-19 tersisa 42 orang dari total 12.940 kasus yang terdata sejak tahun lalu. Sementara 12.663 orang sudah dinyatakan sembuh dan 235 orang meninggal dunia.

“Kasusnya alhamdulillah menurun. Tapi saya ingatkan warga jangan abaikan protokol kesehatan,” imbuh Ngatiyana.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) pada Dinas Kesehatan Kota Cimahi Muhamad Dwihadi Isnalini mengatakan, jika melihat kondisi saat ini, PPKM Darurat sampai Level 3 dan 4 sangat efektif untuk menekan laju penularan COVID-19. Termasuk di Kota Cimahi. Penanggulangan pun dinilai lebik baik dari sebelumnya.

Selain itu, kata dia, kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan cukup baik sehingga sangat berdampak terhadap penurunan kasus virus korona. “Kalau melihat hasil saat ini terjadi memang protokol kesehatan jadi salah satu kunci utamanya. Misal dia positif dia isolasi, gak kemana-mana. Otomatis gak menularkan kepada orang lain,” kata Dwi.

Kemudian, lanjut Dwi, vaksinasi COVID-19 yang digencarkan akhir-akhir ini pun memiliki peran dalam penanganan virus tersebut. Sebab, setidaknya warga yang sudah divaksin daya tahan tubuh yang terbentuk semakin baik.

“Begitu ada yang terpapar tidak parah. Walau masih ada kasus kematian tapi tidak fantastis lagi. Kasus isolasi menurun, kesembuhan juga meningkat,” sebutnya.

Meski sudah menurun drastis, dirinya meminta masyarakat untuk tetap waspada dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Sebab virus korona masih dan risiko penularannya masih sangat membahayakan.(Hms/Tedi)

Categories: Pemerintahan

dialogpublik.com